Rabu, 20 Oktober 2010 04:21

GURU SMA NEGERI 2 TANJUNGPANDAN WAKILI BABEL PADA LAWATAN SEJARAH NASIONAL

Tanjungpandan--- Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional (BPSNT) akan menggelar acara lawatan sejarah Nasional yang akan berlangsung pada  Tanggal 25 s.d 29 Oktober di Banjarmasin.

Lawatan Sejarah merupakan suatu kegiatan perjalanan mengunjungi situs bersejarah (a trif to historical sites) yang merupakan simpul-simpul orientasi nilai-nilai perjuangan dan persatuan untuk memperkokoh integrasi bangsa. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat memahami, menghayati dan memaknai dengan benar peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi untuk dijadikan sebagai sumber edukasi, inspirasi dan rekreasi.

Menurut Garmawandy salah seorang guru sejarah di SMA Negeri 2 Tanjungpandan, ”Saya diundang mewakili Babel untuk mendampingi dan membina para peserta. Provinsi Babel sendiri masuk pada wilayah kerja BPSNT Tanjungpinang yang menekankan pengkajiannya pada masyarakat dan kebudayaan Melayu di empat provinsi yakni, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Bangka Belitung Babel, sedangkan rekannya Kaspianto mendapat undangan khusus sebagai partisipan”, jelasnya saat diwawancara insan pers.

Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran sejarah bagi para siswa, yang mana dalam kegiatan ini siswa akan dilibatkan langsung untuk mengamati dan mempelajari nilai-nilai sejarah, sehingga secara tidak langsung para peserta akan merasakan dan mengalami serta merasa berkewajiban untuk melestarikan warisan budaya bangsa.

Adapun para peserta terdiri dari 33 siswa terbaik hasil seleksi karya tulis laseda. Dalam kegiatan ini akan berlangsung pula forum diskusi dan seminar nasional yang akan menginformasikan sejarah dan tradisi budaya. ”Untuk belitung sendiri nantinya akan diagendakan untuk memperkenalkan tradisi buang jong suku sawang, karena tradisi ini dinilai unik dan kaya akan nilai tradisional budaya daerah yang masih tradisional”, tambah Garma.

Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein didampingi Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung, Edy Suprapto, SH serta Kasubbag Kesejahteraan rakyat Mukromi, S.Ag menyambut baik kedatangan kedua guru didampingi perwakilan anggota DPRD Kabupaten Belitung saat berkunjung ke Ruang Kerja Bupati pada Selasa, Tanggal 19 Oktober 2010 sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangan kedua guru ini bermaksud untuk meminta dukungan dan doa restu agar segala kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Sementara Darmansyah berharap agar kita sekalian terus gencar mempromosikan Belitung ke rana nasional maupun Internasional, baik itu menyangkut lawatan sejarahnya, tradisi budaya maupun objek wisatanya yang unik dan khas. Jangan berhenti untuk terus mempromosikan Belitung, karena saat ini Belitung mulai banyak dilirik dan kunjungi wisatawan, oleh karenanya peluang ini harus dapat kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung