Rabu, 20 Oktober 2010 09:22

KESETARAAN ADALAH ROH

Tanjungpandan --- “Kesetaraan adalah roh dari lahirnya Bangka Belitung” ujar H Muchtar Motong dengan semangat pada acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Belitung, Minggu 17 Oktober 2010.

Pada acara yang yang dihadiri oleh ratusan undangan tersebut, H Muchtar H Motong juga membacakan isi memorandum dari Masyarakat Belitung yang berisi “ mendesak Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengukuhkan butir-butir materi dan substansi komitmen atas kesetaraan, sebagaimana fakta-fakta sejarah pembentukan Provinsi Bangka Belitung dalam peraturan daerah (Perda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”.

Bupati Belitung Ir Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan “Untuk menuju kesetaraan maka diharuskan adanya kesatuan dan persatuan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Provinsi ini bisa maju jika masyarakat maju dan masyarakat Bangka maju dengan begitu kita akan manjadi satu kesatuan dengan Bangka Belitung” .

Pada Harian Pagi Pos Belitung Senin 18 Oktober 2010 Memorandum tersebut ditandatangani 17 orang yang mengatasnamakan masyarakat Belitong yakni sembilan orang dari Kabupaten Belitung dan delapan orang dari Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Beberapa tokoh Belitung yang tercantum dalam memorandum tersebut antara lain diwakili oleh H Arham Armuza, H Muchtar Motong, H Soehadi Hasan, A Rani Rasyid, Iaswarin Yusuf Said, Suryanto Sidbyo, Rustam Efendi dan Rosihan Sahib. Sedangkan dari Kabupaten Belitung Timur diwakili Zarkani, Masri Sadeli, Arpandi, Burhannudin MHN, Firdauz, Syamsul Rizal, Mustarmus dan H Barnawi.

Dalam kesempatan itu, mantan Presidium Perjuangan Provinsi Babel asal Beltim Masri Sadeli mambacakan pernyataan tentang pembentukan Forum Silaturahmi Masyarakat Belitong (FSMB). Forum ini disebut-sebut sebagai wadah untuk menghimpun aspirasi perjuangan masyarakat Belitong dari Kabupaten Belitung maupun Kabupaten Beltim.

Silaturahmi Akbar Masyarakat Belitong yang di mulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dari tingkat provinsi hingga kabupaten. Diantaranya Wakil Bupati Beltim Zarkani. Ketua DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti, Ketua DPRD Provinsi Babel Ismiyardi, Mantan Gubernur Babel Hudarni Rani, Mantan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, unsur Muspida Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur, Anggota DPD RI telie Gozali, Sekda Kabupaten Beltim Erwandi A Rani, Plt Sekda Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan dan sejumlah tokoh masyarakat dari Kabupaten Belitung dan Beltim.
Sumber: Pos Belitung