Kamis, 21 Oktober 2010 09:15

50 WARGA DESA BATU ITAM TERIMA SERTIFIKAT PRONA TAHUN 2009

Tanjungpandan---Sebanyak 50 orang warga Desa Bati Itam, Kecamatan Sijuk berhak mendapatkan sertifikat prona yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein yang dalam hal ini diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, B.Maiya Hasibuan, SH kepada 3 orang perwakilan warga yakni, Juhaini, Junaida dan Sarman pada Kamis, Tanggal 21 Oktober 2010 di Kantor Kepala Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk.

Dalam sambutannya Maiya menghimbau kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat prona agar tidak memberikan sertifikat dimaksud kepada pihak lain. Dengan kata lain, sertifikat ini mesti dijaga dengan baik dan disimpan di tempat yang aman. Hal ini penting untuk dilakukan guna menghindari hal-hal negatif yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti kasus jual-beli tanah tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Sertifikat prona merupakan program sertifikasi tanah secara massal yang sebagian biayanya ditanggung oleh dana publik melalui APBN. Sasaran prona selain  masyarakat tidak mampu, juga wilayah yang ke depan punya prospek berkembang. Program pembuatan sertifikat prona ini bertujuan membantu masyarakat yang tidak mampu untuk memperoleh sertifikat hak milik atas tanahnya.

Penyerahan sertifikat tanah prona ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Sertifikat prona ini diberikan secara gratis kepada warga, namun tidak kesemuanya diberikan secara gratis, karena masyarakat juga perlu mengeluarkan biaya untuk kelengkapan administrasi seperti proses pengukuran, PBB dan sebagainya, jelas Maiya kepada insan pers.

Selanjutnya untuk pemberian sertifikat prona pada kesempatan mendatang, rencananya akan diberikan kepada 70 warga Desa Keciput dan 70 warga Desa Sijuk, lanjut Maiya.

Turut hadir dalam acara Perwakilan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Belitung, Camat Sijuk, Anas Nasito, SH, Kepala Desa Batu Itam Lorry, Kasubbag Pers dan Peliputan Setda Kabupaten Belitung Zakina, S.Sos, M.Si, segenap masyarakat penerima sertifikat prona, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung