Sabtu, 23 Oktober 2010 11:22

RENCANA PEMBANGUNAN DERMAGA JETTY DI TANJUNG RU

Tanjungpandan---PT.Poeser Indonesia dan PT.PLN (Persero) melakukan presentasi desain dan metode operasional jetty di lokasi Pelabuhan Tanjung Ru dihadapan Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein beserta segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung pada Jum’at, Tanggal 22 Oktober 2010 di Ruang Rapat Bupati, Kantor Setda Kabupaten Belitung.

Dalam presentasinya perwakilan pihak pengelola memaparkan tentang lokasi dermaga jetty, sistem dan pengoperasiannya di lapangan. Dermaga ini rencananya akan mulai dibangun Oktober 2011 lebih kurang selama 12 bulan.

Kegiatan Presentasi yang dipimpin oleh Kepala Bagian Pembangunan Agus Irnawan sebagai moderator diselingi forum diskusi untuk membahas rencana pembangunan dermaga jetty secara lebih jelas, masing-masing undangan mendapat kesempatan untuk bertanya dan memberikan usul, saran dan masukan berkaitan dengan pembagunan jetty.

Mengenai kapasitas muatan truk pengangkut batu bara yang akan melintasi badan jalan sekitar kawasan Tanjung RU sempat menjadi pertanyaan beberapa Dinas/Instansi terkait salah satunya, Dinas Perhubungan Laut dan Dinas Pekerjaan Umum karena dikhawatirkan kelebihan muatan akan berimbas pada rusaknya badan jalan yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

Dijelaskan pihak pengelola bahwasanya jumlah truk yang tersedia sekitar 19 truk dengan muatan yang hanya mencapai 5 s.d 6 ton saja dan akan hanya akan beroperasi selama 6 hari dalam satu bulan. Sementara batas maksimal muatan truk mencapai 12 ton, maka pengangkutan batu bara melalaui badan jalan dirasa aman dan tidak akan mempengaruhi kerusakan jalan.

Pihak pengelola juga sempat mempertanyakan masalah konsep kerjasama dengan pemerintah daerah, utamanya masalah kejelasan legalitas lahan dan persayaratan administrasi lainnya yang harus dipenuhi agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu masalah omset dan kontribusinya bagi Pemeintah Daerah juga harus dijelaskan secara lebih terinci.

Bupati dalam sambutannya menyambut baik rencana pembangunan dermaga ini, hanya saja Bupati berharap untuk pembahasan lebih lanjut pihak perusahaan dapat terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas/Instansi terkait terutama menyangkut masalah peizinannya, analisa mengenai dampak lingkunagn (Amdal), skema penggunaan lahan dan syarat administrasi lainnya yang harus diperhatikan dan mengacu pada ketentuan undang-undang yang berlaku.

Masalah perizinan, konsep dan pengoperasian dermaga jetty juga harus dikoordinasikan dengan Departemen Perhubungan Laut, agar segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik dan lancar, ungkap Bupati.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung