Selasa, 26 Oktober 2010 01:15

BUPATI LEPAS KEBERANGKATAN CALON JEMAAH HAJI KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan---Acara pelepasan calon jemaah haji Kabupaten Belitung berlangsung pada Sabtu (23/10) di Masjid Al Mabrur Tanjungpandan. Pelepasan haji diwarnai tangis haru. Beberapa calon haji tampak tak kuasa menahan air mata ketika berpamitan dengan sanak keluarga yang tampak ramai memadati Masjid Al Mabrur.

Tampak sosok Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos beserta istrinya, Ny Asmara yang tahun ini ikut serta dalam rombongan haji. Titip Belitung, ungkap Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein saat melepas Wabup dan rombongan lainnya yang akan menunaikan ibadah haji.

Wabup yang dititipi pesan tak kuasa menahan haru. Bupati berpesan agar Wabup dan Calhaj lainnya mendoakan kebaikan Kabupaten Belitung selama berada di tanah suci. Selain Wabup beberapa Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung tampak hadir dalam rombongan diantaranya, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Ir, M.Ubaidillah beserta istri, Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Belitung, Nurman Sunanda, SE serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung, Ir. Ahmad Thamrin beserta istri.

Tahun ini calon jemaah haji Kabupaten Belitung berjumlah 94 orang, terdiri dari 45 orang laki-laki dan 49 orang perempuan. Rombongan calhaj mengenakan blazer berwarna biru kehijauan menyerupai telus asin, scarf berwarna arange serta tas tentengan berwarna hijau tua.

Ketua rombongan calhaj Kabupaten Belitung H Djamaluddin Zuhdi dalam sambutannya mengatakan, “Mohon maaf dan doa restu agar perjalanan haji kami mendapat ridho dan rahmat Allah SWT, ungkapnya mewakili calhaj lainnya.

Selanjutnya Bupati juga mengucapkan selamat kepada calhaj yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. “Bekal yang paling utama yang harus dimiliki calhaj, sebagaimana yang terdapat dalam Al-Quran adalah bekal takwa, ungkap Darmansyah.

Takwa adalah bekal yang paling baik. Takwa itu ada di hati kita, ada di otak kita, dan ada diperilaku kita. Selain takwa, bekal penting lainnya adalah kesabaran dan uang yang akan digunakan selama berada di tanah suci.

Selama di tanah suci masing-masing calhaj akan membawa uang sebesar 1.500 real, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 4,5 juta (1 real sama dengan Rp 3.000). uang tersebut dirasa cukup untuk bekal selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci serta untuk membeli sedikit oleh-oleh.

Diakhir sambutannya Bupati berharap agar calhaj Belitung akan kembali dengan menjadi haji yang mabrur. “ Di temapt-tempat mustajab, selain berdoa untuk ibu, ayah, dan keluarga, tolong juga doakan Belitung. Mudah-mudahan Kabupaten Belitung menjadi tambah maju, terbebas dari bencana dan rezekinya tambah berkah, pesan Bupati.

Usai dilepas Bupati di Masjid Al Mabrur Tanjungpandan, rombongan calhaj bertolak menuju bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan dengan menggunakan empat bus dikawal anggota Polres Belitung menuju areal bandara. Bus berhenti di tangga pesawat Sriwijaya Air yang sudah tiba. Begitu turun rombongan calhaj langsung masuk ke dalam pesawat bertemu dengan calhaj asal Belitung Timur yang sudah lebih dulu masuk ke dalam pesawat.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung