Selasa, 26 Oktober 2010 09:17

MENJELANG IDUL ADHA 1431 H BELITUNG BUTUH 1.200 KAMBING

Tanjungpandan—Menjelang hari raya Idul Adha 1431 Hijriah yang jatuh pada Tanggal 17 November 2010 mendatang, kebutuhan masyarakat Belitung terhadap hewan kurban kambing dan sapi meningkat. Diperkirakan kebutuhan mencapai 1.000 hingga 1200 ekor kambing dan 400 ekor sapi.

Berdasarkan informasi yang dipaparkan harian pagi Pos Belitung, 26 Oktober 2010 menyatakan bahwa saat ini hewan kurban yang tersedia baru sekitar 400 ekor kambing dan 200 ekor sapi yang sudah terdistribusikan ke 13 kandang dari 22 kandang yang tersedia di Belitung. Masih ada sekitar Sembilan kandang lagi yang kosong untuk menampung hewan kurban yang diperkirakan kan tiba minggu ini.

Pada tanggal 5 November nanti, semua hewan ternak yang dibutuhkan sudah memasuki Belitung semua dan diperkirakan sekitar 600 ekor kambing akan tiba di Belitung dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Belitung Arpani melalui Kepala Bidang Peternakan Distanhut, Suparman Kepada Grup Bangka Pos, Senin, 25 Oktober 2010 menyampaikan bahwa kebutuhan 400 ekor sapi yang disiapkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1431 H ini, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban saat lebaran saja, namun juga untuk kebutuhan masyarakat Belitung saat ini.

Seratus persen kebutuhan kambing untuk hewan kurban seluruhnya didatangkan dari luar Belitung diantaranya Madura, Jawa Timur dan Lampung. Namun pemenuhan kebutuhan akan kambing sebagian besar dipasok dari Pulau Madura. Sementara itu 15 persen sampai 20 persen kebutuhan sapi bisa dipenuhi oleh peternak dari Belitung terutama dari peternak transmigrasi di Perpat dan Rejomulyo Kecamatan Membalong.

Selanjutnya menurut Suparman, seiring akan banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban, menyebabkan kenaikan harga ternak. Harga kambing antara Rp 1,5 juta hingga 3,5 Juta per ekor. Sedangkan harga sapi Rp 8 Juta per ekor menurut besar kecilnya hewan.

Suparman juga menjelaskan pengawasan terhadap hewan kurban yang masuk Belitung akan terus dilakukan oleh Bidang Peternakan Distanhut. Pengawasan ini dilakukan untuk mencegah terbawanya penyakit ternak.
Sumber: Pos Belitung