Jum'at, 29 Oktober 2010 09:32

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-82

Tanjungpandan- - -Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-82 di Kabupaten Belitung ditandai dengan kegiatan Upacara yang dilangsungkan pada, 28 Oktober 2010 di Gedung nasional Panjungpandan.

Akibat hujan mengujur Kota Tanjungpandan sejak pagi hingga menjelang acara yang direncanakan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, akhirnya pelaksanaan upacara yang semula akan dilangsungkan di Halaman Gedung Nasional dipindahkan ke dalam Gedung.

Bupati Belitung, Ir H Darmansyah Husein pada sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Dr Andi Malarangeng mengatakan, tema peringatan hari Sumpah Pemuda ke-82 tahun ini adalah ”Bangun Karakter Pemuda Demi Bangsa Indonesia Yang Maju dan Bermartabat”, mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang maju dan bermartabat sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh di tasa semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

Pemuda Indonesia dengan kepribadian Indonesia yang tertanam dalam jiwanya akan mampu berpengaruh besar dalam menentukan arah dan langkah bangsa ketika menghadapi persoalan-persoalan kini dan di masa depan. Untuk itu pemuda Indonesia harus terus menerus mempersiapkan diri, baik secara indivindu maupun bersama-sama untuk memupuk, memelihara dan memperkokoh kepribadian Indonesia.
”Mari kita laksanakan rangkaian peringatan ini dengan penuh kesungguhan agar harapan untuk membangun generasi penerus bangsa Indonesia ini dapat tercapai dengan baik”, ungkap Bupati diakhir sambutannya.

Suasana upacara yang turut dihadiri pula oleh para Muspida, Ketua DPDR Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, sejumlah tokoh pemuda, anggota Satpol PP, TNI, Danlanud, Dandim 0414 serta para pelajar se- Kabupaten Belitung tetap berjalan lancar dan khidmat.

Kendati pengibaran bendera merah putih tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan tempat pelaksanaan upacara yang berlangsung didalam gedung, namun hal ini tentunya tidak mengurangi makna penting peringatan Hari Sumpah Pemuda yang rutin kita peringati setiap tahunnya sebagai wujud penghormatan kita terhadap perjuangan para tokoh pemuda yang telah berjuang untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung