Selasa, 2 November 2010 09:47

HELMAN TUTUP BAKTI SOSIAL TNI-KB KESEHATAN DI TANJUNG RUSA

Membalong —Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Helman, SH menutup acara Revitalisasi Program KB melalui Bhakti Sosial Kerja Sama BKKBN dengan TNI di Wilayah Kodim 0414/ Belitung Tahun 2010, Selasa, 2 November 2010 bertempat di Tanjung Rusa Kecamatan Membalong.

Dengan tema “Kita Mantapkan Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Untuk Mencapai Ketahanan Keluarga dan Terwujudnya Keluarga Kecil Sehat Bahagia dan Sejahtera”, kegiatan dimulai dari Tanggal 1 Mei 2010 Hingga 31 Oktober 2010 kemarin dan dibagi 2 wilayah, wilayah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Koordinator Revitalisasi Program KB Kab. Belitung dan Belitung Timur, Kapten, INF. Syafrudin dalam laporan singkatnya menyampaikan sasaran dari kegiatan ini adalah Peserta KB Baru, Peserta KB Aktif, serta Imunisasi Bayi dan Ibu Hamil.

Syafrudin juga melaporkan Hasil yang dicapai dari kegiatan ini dari awal hinga akhir antara lain IUD sebanyak 357 Akseptor, MOW sebanyak 1.149 Akseptor, Implant sebanyak 2.524 Akseptor, Suntik sebanyak 11.830 Akseptor, Pil Sebanyak 8.601 Akseptor, MOP sebanyak 16 Akseptor, serta Kondom sebanyak 1.212 Akseptor.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Tim Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ny. Hj. Noerhari Astuti Eko Maulana Ali, S.Sos dalam laporannya menyampaikan kegiatan gerak PKK-KB kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari kesehatan nasional dan hari kesatuan gerak PKK.

Selanjutnya, Ny Noerhari menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan Tahun 2010 antara lain Program Pemberdayaan dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Program Keluarga Berencana dan Ketahanan Keluarga, serta Program Kesehatan.

Dalam Kesempatan ini juga, Bupati Belitung. Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Helman, SH dalam sambutan tertulisnya menyampaikan KB merupakan salah satu pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama bagi wanita. Peningkatan dan perluasan pelayanan keluarga berencana merupakan salah satu usaha untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu yang sedemikian tinggi akibat kehamilan yang dialami oleh wanita.

Helman juga menambahkan Pelayanan KB adalah satu bagian dalam paket Pelayanan Kesehatan Reproduksi Esensial sehingga perlu mendapatkan perhatian serius.

Diakhir acara Pojo 1 PKK Kabupaten Belitung menyerahkan Bantuan kepada lansia dan anak yatim yang diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Ny Hj Noerhari Astuti Eko Maulana Ali, S.Sos serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Ny Hj Titiek Yoesiati. Bantuan berupa perlengkapan sholat, seprei dan sejumlah uang.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Asisten I Ir. Syahrudin, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Andi Saparudin Lanna, SH, Unsur Muspida, Kepala Dinas/ Badan/ Bagian dari berbagai instansi di Lingkungan Kabupaten Belitung, Para Camat, Tim Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung