Selasa, 2 November 2010 09:49

PEMKAB BELITUNG GELAR BINTEK STANDAR OPERATING PROCEDURES DAN STANDAR PELAYANAN

Tanjungpandan---Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Standard Operating Procedures (SOP) dan Standar Pelayanan Tahun Anggaran 2010 yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari yakni, pada tanggal 2 s.d 5 Nopember 2010 bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

Dalam laporannya Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Belitung, Basmartoni mengatakan, kegiatan bintek ini diikuti sebanyak 50 peserta, dengan kelompok sasaran merupakan para pegawai pengelola administrasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kecamatan, dan Kelurahan di Lingkungan Pemkab Belitung.

Materi bintek akan disampaikan oleh  narasumber yang berasal dari Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia mencakup tentang urgensi penerapan SOP untuk mendukung efisiensi dan efektifitas bussiness process, sinergitas kebijakan SOP, standar pelayanan dan standar pelayanan minimal dalam peningkatan pelayanan publik, dinamika kelompok, penyusunan SOP Administrasi Pemerintah serta presentasi SOP Administrasi Pemerintah, ungkap Basmartoni.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) dan standar pelayanan administrasi pemerintah bagi pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan, dan Kelurahan di Lingkungan Pemkab Belitung ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si.

Dalam sambutan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang dibacakan Jasagung dijelaskan bahwa dengan dilaksanakannya Bintek ini diharapkan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan dengan pasti, serta berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari. Karena manfaat dari penerapan SOP adalah sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam penyelesaian tugasnya, mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan pegawai, ungkap Jasagung.

Selanjutnya melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggungjawab individual pegawai dan organisasi secara utuh, membantu pegawai menjadi lebih mandiri, meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas, menciptakan standar kinerja dan memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan, lanjutnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan bintek, Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, para nara sumber dari LAN RI, para peserta Bintek serta segenap undangan lainnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung