Rabu, 3 November 2010 10:42

BELTIM GELAR FESTIVAL LASKAR PELANGI

“Festival Laskar Pelangi merupakan langkah awal sekaligus menjadi gerbang tujuan wisata di Beltim. Berbagai kegiatan seni yang akan ditampilkan menjadi pemicu para seniman dan kerajinan daerah untuk ditunjukan kepada para tamu. Ini hanya langkah awal, tujuan jangka panjangnya untuk memajukan wisata di Beltim,” ungkap Fachrur Rizal Kepala Desa Lenggang sekaligus Direktur Festival Laskar Pelangi 2010, seperti yang dilansir dari www.bangkapos.com.

Festival yang digelar sejak 30 November 2010 ini, diharapan mampu merangsang warga desa lainnya di Belitung Timur untuk menyongsong era wisata dengan menggali potensi seni dan budaya lokal Belitong, selain itu Festival yang bakal menyedot perhatian warga baik di Belitung maupun tamu dari luar daerah ini diharapkan menjadi pemicu wisata di Beltim.

Untuk mewujudkan Beltim sebagai daerah tujuan wisata, pihak penyelenggaran festival sudah menggandeng beberapa travel agen agar memasukkan even festival dan Desa Lenggang sebagai tujuan wisata Belitung. Bahkan pemerintah Desa Lenggang mulai mewacanakan wisata Semalam di Kampong Laskar Pelangi.

Warga Desa Lenggang bertekad menjadikan desa merekasebagai desa sastera. Pencanangannya saat peresmian Sekolah Laskar Pelangi dan kunjungan ke rumah sastra 27 November mendatang. “Setelah festival ini kita mempersiapkan destinasi wisata di Beltim. Areal festival ini menjadi tempat untuk berbagai kegiatan seni, bahkan menjadi tempat penjualan souvenir dan wisata kuliner. Dukungan pemerintah daerah sangat kami harapkan. Pada puncak acara festival 27 November kita persembahkan untuk seluruh masyarakat Beltim,”tambah Rizal.

Pembukaan festival diselenggarakan tidak seperti lazimnya acara festival umumnya. Tidak ada pengguntingan pita dan tepuk tangan. Warga dan pengunjung membaur bersama di areal festival mulai dari kawasan Pasar Gantung hingga komplek Pasar Rakyat Laskar Pelangi sebagai pusat kegiatan. Stand yang disediakan panitia sudah diisi dengan  berbagai produk kerajinan Belitong. Makanan khas juga tersedia di kawasan pameran. Tak ketinggalan sanggar Rias Pengantin Belitong dari Kecamatan Dendang juga ikut ambil bagian.
Sumber: Bangka Pos