Jum'at, 5 November 2010 09:43

BINTEK PENINGKATAN KAPASITAS PARIWISATA KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan — Yayasan Cinta Bahari Antar Nusa (YCBAN) didukung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kapasitas Pariwisata Kabupaten Belitung Menuju Destinasi Wisata Bahari Nasional dan Internasional.

Bintek berlangsung di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (4/11), diikuti 75 peserta. Selain dinas instansi terkait dan pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Belitung, bintek juga diikuti kalangan pendidikan dan akademisi, budayawan, dan Kolompok Masyarakat Desa Wisata Tanjung Pendam, Desa Wusata Sijuk, dan Desa Wisata Keciput.

Ketua YCBN Raymond T Lesmana dalam laporannya mengatakan, bintek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pariwisata Kabupaten Belitung khususnya pariwisata bahari. Dengan peningkatan kapasiatas itu, diharapkan daerah ini dapat menjadi destinasi wisata bahari nasional dan internasional.

Bintek menampilkan empat fasilitator, yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung drg H Dian Farida, MM, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung yang diwakili Kepala Bidang Ekonomi Bakri Hauriansyah, SE, praktisi pemasaran Iwan H Hadibroto, dan Ketua YCBAN Raymond T Lesmana.

Bupati Belitung Ir H Darmasyah Husein dalam sambutan pembukaan bintek mengatakan, kerja pengembangan pariwisata adalah kerja multisektoral. Oleh karena itu, semua pihak terkait harus bekerjasama mendorong pengembangan pariwisata. Ego sektoral di jajaran birokrasi juga harus dihilangkan, karena sikap seperti itu jelas akan menghambat upaya pengembangan pariwisata.

Karenanya Bupati menyambut baik bintek yang diselenggarakan YCBAN. Bupati berharap bintek ini dapat mendorong terciptanya stakeholder pariwisata Kabupaten Belitung yang solid dan tangguh, yang mampu mendorong daerah ini menjadi destinasi wisata bahari nasional dan internasional.

Terkait dengan pengembangan pariwisata, Bupati menekankan dua hal. “Pertama, niat mensyukuri nikmat Tuhan yang telah menganugerahkan alam Kabupaten Belitung yang indah. Kedua, hindari pariwisata maksiat,” ujar Bupati. (syafei)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung