Senin, 8 November 2010 10:00

BUPATI SERAHKAN PERBUP NOMOR 19 TAHUN 2010

Tanjungpandan—Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menyerahkan Peraturan Bupati Belitung Nomor 19 Tahun 2010 tentang Penetapan Alokasi Dana Desa Tambahan dari Pemerintah Kabupaten Belitung kepada Pemerintah Desa se-Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 kepada perwakilan Kepala Desa Kecamatan Tanjungpandan, Badau, Membalong, Sijuk dan Selat Nasik.

Acara penyerahan berlangsung pada Jumát, 5 November 2010 di Ruang Sidang Kantor Setda Kabupaten Belitung sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam laporannya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung Drs. Sunardi mengatakan Dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati Ini, Pemerintah Kabupaten mengharapkan agar kiranya Pemerintah Desa sudah mulai menatakelola administrasi keuangan desa, terutama dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007, agar penyelenggaraan Pemerintah desa dapat mematuhi aturan dalam proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang harus sesuai dengan tahapan – tahapan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2007.

Selanjutnya kedepan nantinya untuk jangka waktu yang akan datang keberhasilan pengelolaan dan penggunaan Alokasi Dana Desa akan dilihat melalui beberapa indikator mencakup, bagaimana dengan Pengelolaan itu sendiri diantaranya, meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang adanya Alokasi  Dana Desa, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa, dan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pertanggungjawaban penggunaan Alokasi Dana Desa oleh Pemerintah Desa. Begitu juga terhadap Pengunaan, dimana kegiatan yang didanai  sesuai dengan yang telah direncanakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) diantaranya, daya serap (realisasi) keuangan sesuai yang ditargetkan, tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi,besarnya jumlah penerima manfaat ( terutama dari kelompok miskin), tingginya kontribusi masyarakat dalam mendukung penggunaan Alokasi Dana Desa, terjadinya peningkatan Pendapatan Asli Desa, dan mampu bersinergi dengan program – program Pemerintah yang ada di Desa yang bersangkutan,kata Sunardi.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan, melalui Peraturan Bupati Belitung  Nomor 19 Tahun 2010, Pemkab Belitung memberikan ADD tambahan kepada Pemerintah desa se-Kabupaten Belitung. Dengan tambahan dana ini kita harapkan, keseimbangan antara Belanja Rutin dan Belanja Pembangunan dalam APBDes desa-desa di lingkungan Pemkab Belitung, secara bertahap dapat kita wujudkan.

ADD tambahan ini hanya digunakan untuk Belanja Modal Pembangunan Fisik dan Pemberdayaan Masyarakat dan tidak boleh digunakan untuk Belanja Rutin atau Belanja Aparatur. Untuk mencairkan dana ini, Pemerintah Desa harus segera menyusun Perubahan APBDes 2010 dan menyampaikannya melalui Bagian Tata Pemerintah Setda Kabupaten Belitung paling lambat Tanggal 16 November 2010, ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati berpesan, “Laksanakan APBDes sesuai dengan ketentuan, sampaikan laporan secara transparan dan akuntabel, agar tidak menimbulkan gejolak, prasangka atau hal-hal yang tidak diinginkan, jelasnya.

Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah Drs.Sarfani Syamsuddin, Ak MM, para Camat se-Kabupaten Belitung, para perangkat desa dan kepala satuan kerja perangkat daerah di Lingkungan Pemkab Belitung serta undangan lainnya.



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung