Rabu, 10 November 2010 09:38

“BARACK OBAMA”, INSPIRING PEMIMPIN MASA KINI

Tanjungpandan— Berbicara tentang pemimpin yang tangguh, sejarah dunia mencatat beberapa nama besar. Kiranya kisah-kisah pemimpin besar dunia cukup memberi inspirasi bagi kita semua untuk mengambil setiap hikmah dari pengalaman memimpin mereka. Tidak semua hal dari mereka baik, begitu pula sebaliknya, tidak semua hal dari mereka buruk. Jika analogi ini terlalu besar untuk menjadi teladan, kiranya dapat kita sempitkan lingkupnya agar siap menata dan mengelola pemerintahan.

Hari ini, satu catatan peristiwa penting juga terjadi di Indonesia karena kunjungan pemimpin dari negara adikuasa ”Barack Obama”. Sebagai aparatur pemerintah setidaknya kita harus mampu mengadopsi nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki sosok orang namor satu di Amerika tersebut. Perjuangan panjang dan karirnya sebagai pemimpin senantiasa berorientasi pada tujuan serta mengedepankan komunikasi dan koordinasi yang seefektif dan seefisien mungkin, sehingga terbangun networking ke seluruh benua di penjuru dunia pada berbagai bidang kehidupan, ungkap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 yang dibacakan oleh Plt Sekda Kabupaten Belitung Karyadi Syahminan, SE, M.Ap.

Selanjutnya point inilah sebenarnya yang ingin saya angkat sebagai inti dari pengarahan saya di akhir penutupan diklat ini. Semoga saudara-saudara dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan gagasan konstruktif dari wacana yang saya kemukakan ini. Oleh karenanya diklat ini semakin penting untuk dilaksanakan agar para calon pemimpin atau aparatur pemerintah yang telah maupun belum diberi jabatan memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan kompetensi kepemimpinan untuk menduduki jabatan dimaksud, sesuai dengan kebutuhan organisasi. “Meskipun, diklat ini bukan satu-satunya persyaratan untuk menduduki jabatan eselon IV”, tegas Karyadi.

Sementara Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung Susilawati, SE dalam laporannya mengatakan Diklat ini diikuti sebanyak 40 peserta yang berasal para pejabat eselon IV dan staf di Lingkungan Pemkab Belitung yang secara khusus bertujuan untuk membentuk pimpinan yang berkarakter profesional dan juga dapat membentuk sikap mental yang baik, berprilaku jujur, disiplin dan penuh pengabdian serta memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan tugas.

Menyangkut ringkasan eksekutif Kertas Kerja Angkatan (KKA) dengan tema “Pengembangan Kualitas Pelayanan Prima Melalui Peningkatan Kompetensi Aparatur Dengan Berbasis Pada Kebutuhan Lokal yang disampaikan perwakilan kelompok menjelaskan tentang pokok-pokok pikiran yang digagas para peserta diklat diantaranya menyangkut Optimalisasi tenaga kesehatan dalam penanggulangan penyakit diare di Dinas Kesehatan, peningkatan kinerja pemahaman pegawai tentang tertib administrasi surat menyurat kantor Camat Sijuk, optimalisasi penyampaian advis teknis IMB mengenai tata ruang pada Bappeda serta pelayanan penerbitan surat izin hiburan pada Bagian Perekonomian.

Dari permasalahan tersebut, masing-masing kelompok telah melakukan analisis untuk menjawab permasalahan yang terjadi diantaranya, dengan melakukan pelatihan teknis dan kegiatan sosialisasi sesuai dengan bidang permasalahan yang dihadapi.
Turut hadir dalam acara ini, anggota DPRD Kabupaten Belitung Hasbi, para Kepala Dinas/Badan/Kantor atau yang mewakili di Lingkungan Pemkab Belitung, segenap peserta dan undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung