Kamis, 11 November 2010 09:37

PELAMAR SMK UNGGUL DI PENDAFTARAN CPNS

Tanjungpandan-Minat menjadi PNS tampaknya masih menempati urutan teratas di kalangan masyarakat Belitung, hal ini terlihat dari banyaknya berkas lamaran yang diterima panitia penerimaan CPNS. Hingga memasuki hari ketiga Rabu, 10 November 2010  pembukaan pendaftaran CPNS, tercatat sebanyak 1.158 berkas lamaran yang masuk ke meja panitia penerimaan CPNS Kabupaten Belitung.

Seperti dikatakan PPTK Penerimaan CPNS Surahmat, sampai saat berkas lamaran untuk formasi tenaga guru mencapai 49 berkas, sedangkan untuk formasi tenaga kesehatan yang semula hanya 108 pelamar naik menjadi 156, dan untuk tenaga teknis sebanyak 953 berkas lamaran yang diterima panitia. ”Pelamar tenaga teknis masih didominasi dari SMK, ada sekitar 400-an pelamar”, ungkap Surahmat seperti dilansir dari Harian Pos Belitung Kamis, 11 November 2010.

Sebelumnya pada Hari pertama pendaftaran peserta seleksi CPNS di Kabupaten Belitung tercatat sebanyak 315 berkas lamaran yang masuk ke panitia penerimaan CPNS. Berkas lamaran tetap didominasi oleh kualifikasi pendidikan SMK, disusul formasi Diploma.

Proses pendaftaran CPNS tahun ini masih terbilang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pendaftaran berlangsung di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Pada hari pertama kemarin, panitia baru sebatas memeriksa transkrip nilai pelamar untuk mengetahui apakah ada kesamaan dengan formasi yang dikeluarkan oleh Menpan dan mempertimbangkan tempat penerimaannya.

Tapi untuk lebih jelasnya supaya formasi kita tidak berkurang dan tidak menyalahi aturan, maka harus dikonsultasikan ke BKN. ”Jadi lamaran mereka itu dipending dulu sebentar untuk menanyakan kepastian. Bisa atau tidaknya, baru kita putuskan. Tidak buru-buru kita putuskan, namun lebih jauh harus kita konsultasikan dulu”, ujar Surahmat.

Sementara menyangkut adanya indikasi kecurangan yang mungkin saja terjadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Junaidi Haminte meminta Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Belitung agar lebih transparan dalam penyelenggaraan penerimaan CPNS tahun 2010 ini.

“Pihak pemerintah daerah harus lebih transparan lagi dalam penerimaan CPNS ini sehingga semua masyarakat merasa terjawab bahwa apa yang dilakukan pemerintah betulbetul memang sebagaimana mekanisme yang sudah ada,” kata Junaidi ditemui Grup Bangka Pos di ruang kerjanya, pada Senin, 8 November 2010.

Salah satu bentuk transparansi itu, adalah pentingnya mempersingkat waktu pengumuman. Jeda waktu tes dengan jadwal pengumuman jangan terlalu lama. Waktu jeda yang sangat singkat dimaksudkan untuk meminimalisir oknum tertentu melakukan usaha pendekatan untuk meluluskan orangorang dengan cara yang tidak dibenarkan, kata Junaidi.

Sumber: Pos Belitung