Kamis, 18 November 2010 12:00

SEKDES DIBEKALI PENGETAHUAN TENTANG KEPEGAWAIAN

Tanjungpandan---Dengan  adanya jabatan Sekretaris Daerah dari Pegawai Negeri Sipil, maka diharapakan pelaksanaan tugas pemerintahan dan administrasi desa akan lebih efektif sehingga fungsi koordinasi pun akan berjalan dengan baik, ungkap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya saat membuka acara  Bimbingan dan Pembekalan Kepegawaian untuk Sekdes di Kabupaten Belitung Tahun 2010 yang berlangsung Kamis, 18 November 2010 di Ruang Sidang Setda.

Selanjutnya Bupati berkeyakinan seiring dengan waktu berjalan dan dengan dilandasi dedikasi yang tinggi, para Sekdes akan mampu melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab tersebut melalui aplikasi kongkrit dari prinsip “learning by doing”, sama halnya dengan jalannya pemerintahan di tingkat Kabupaten. Karena kunci keberhasilan dalam melaksanakan amanah ini adalah kemampuan untuk mewujudkan kebersamaan melalui musyawarah mufakat, baik kepala desa, perangkat desa lainnya, BPD, Lembaga Kemasyarakatan dan komponen masyarakat lainnya.

Sementara Syahril, S.Ip selaku Kabid Pengembangan Karir dan Pembinaan dalam laporannya mengatakan, Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah  bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah menjadi Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 serta terkait Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2007 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengangkatan Sekretaris Desa Menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Manajemen Kepegawaian antara lain menyangkut pemahaman tentang hak dan kewajiban selaku PNS.

Bimbingan dan pembekalan ini berlangsung selama 5 hari terhitung mulai tanggal 18 s.d 23 November 2010, diikuti para Sekretaris Desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung sebanyak 31 orang dengan menghadirkan Widyaiswara dari BKN Pusat, yaitu Bapak Doya Hadi Widodo, S.Sos, Drs Suparjiyanta, Satia Supardy, SH, M.Pd dan Drs Made Ardita, M.Si serta Widyaiswara di lingkungan Pemkab Belitung.

Sekretaris desa merupakan perangkat desa yang bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang tertib administrasi pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan dan pemberdayaan masyarakat. Dengan diangkatnya Sekdes menjadi PNS tanpa melalui prosedur CPNS, maka kegiatan ini dipandang perlu untuk dilaksanakan guna memberikan pembekalan tentang kepegawaian dan pengetahuan lainnya terkait hak, kewajiban dan larangan bagi PNS.

Turut hadir dalam acara Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si, para Kepala Dinas/Badan/Kantor atau yang mewakili di Lingkungan Pemkab Belitung, segenap peserta dan undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung