Senin, 22 November 2010 12:00

BUPATI BELITUNG TINJAU PELAKSANAAN UJIAN CPNS

Tanjungpandan—Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS se-Bangka Belitung dilangsungkan secara serentak pada Minggu, 21 November 2010. Ujian dimulai pukul 09.00 WIB, namun para peserta diharuskan maemasuki ruangan tepat pukul 08.30 WIB guna mendengarkan beberapa penjelasan terkait pelaksanaan ujian dari pengawas diamtaranya menyangkut tata tertib peserta dan cara pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang tahun ini mengalami perubahan dari metode pembulatan menjadi silang.

Dari total pelamar Kabupaten Belitung yang tercatat sebanyak 4.449 peserta, sebanyak 62 peserta tidak hadir dalam ujian. Menurut PPTK Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Belitung Tahun 2010 Surahmat, dari 62 peserta yang tidak hadir, sebanyak 17 peserta memang tidak mengambil nomor peserta ujian. Hal ini diperkirakan karena mereka mengikuti ujian seleksi yang sama di Kabupaten lain di Babel.

Pada kesempatan ini Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang didampingi Plt Sekda Karyadi Syahminan, SE, M.Ap, Asisten III Bidang Administrasi Setda Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si, Kepala BKD Ita Wahyuni, Kepala Inspektorat Nuhadi, S.Ipem, Kakan Satpol PP Azhar, S.Ip, Kabid Pengadaan dan Mutasi BKD Dulhadi, S.Sos serta Kabag Humas Setda Edy Suprapto, SH melakukan kunjungan ke beberapa sekolah di Tanjungpandan yang menjadi lokasi pelaksanaan ujian CPNS diantaranya, di SMP N 3, SD N 11, SD N 20, Sd N 3, SMP N 2 dan SMA N 1.

Disela-sela peninjauan ke ruang ujian, Bupati sempat mengingatkan para peserta agar sebelum dikumpulkan terlebih dahulu teliti dan koreksi jawaban yang telah diisi mumpung masih ada waktu, ungkapnya.

Lebih jauh Darmansyah berharap seleksi ujian CPNS kali ini akan melahirkan PNS yang memiliki kualitas dan berprilaku baik serta mempunyai produktivitas yang tinggi. “Saya berharap dengan sistem seleksi yang fair, jelas, mudah-mudahan akan terekrut PNS yang berkualitas dari segi akademisnya dan mental attitudenya. Itu saya kira yang menjadi modal dasar mereka menjadi PNS, ungkapnya kepada Grup Bangka Pos.

Pantauan di lapangan secara umum pelaksanaan ujian CPNS di Kabupaten Belitung berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti, hanya terdapat sedikit kesalahan pada petunjuk pengerjaan soal yang tertukar. Seharusnya petunjuk pengerjaan soal untuk soal B diperuntukan bagi petunjuk pengerjaan soal C, namun panitia dapat segera mengambil tindakan dengan langusng berkoordinasi dengan UNPAD selaku tim pembuat soal dan langsung meralat petunjuk tersebut sebelum para peserta mengerjakan soal.

Pada sore harinya, soal ujian langsung dimusnahkan oleh Panitia yang berlangsung di belakang Kantor Bupati Belitung. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Pemusnahan soal ini disaksikan oleh Plt Sekda Karyadi Syahminan, SE, M.Ap, Asisten III Bidang Administrasi Setda Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si, Kepala Inspektorat Nuhadi, S.Ipem, pihak kepolisian dan pihak Pol PP.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung