Senin, 29 November 2010 10:00

BUPATI BELITUNG RESMIKAN PILOT PROJECT UPJA DAN RP30

Tanjungpandan—“Peresmian Pilot Project Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) bertujuan untuk memfasilitasi tumbuh kembangnya sistem kelembagaan usaha jasa dan mesin pertanian menuju arah kelembagaan sistem usaha pelayanan jasa alat dan mesin pertanian yang mandiri dan professional di sentra produksi tanaman pangan yang berorientasi agribisnis, jelas Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada acara Peresmian Pilot Project Usaha Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Centre dan Rumah Percontohan Pembuatan Pupuk Organik (RP3O) di Kabupaten Belitung pada Rabu, 24 Nopember 2010 di Dusun Karang Asem, Desa Perepat, Membalong.

Sementara terkait dengan RP3O Bupati berharap kiranya program itu dapat diaplikasikan semaksimal mungkin. Mengingat, peningkatan efisiensi penggunaan pupuk dengan mengembangkan pupuk organik untuk peningkatan produktivitas yang berkelanjutan perlu didorong sedemikian rupa, agar sejalan dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 28/Permetan/SR.130/5/2009 tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati dan Pembenahan Tanah, berikut Peraturan Menteri Pertanian tentang Rekomendasi Pemupukan N, P dan K pada padi sawah spesifik lokasi.

“Adapun point utama dari diimplementasikannya kedua program kebijakan ini adalah terjadinya peningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama petani di pedesaan dan terciptanya ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Belitung. Oleh karenanya, program ini harus benar-benar dikawal dengan baik oleh Dinas terkait sesuai dengan ketentuan yang ada agar sejalan dengan tujuan yang diharapkan”, lanjut Darmansyah.

Disela-sela acara berlangsung pula penyerahan kunci gudang penyimpanan alsintan dan RPJO, penyerahan secara simbolis 8 unit Hand Traktor dan 6 unit pompa air bantuan APBN-P 2010 kepada kelompok tani Suka Karya Desa Selat Nasik yang diwakili Usman, KT, kelompok tani Iding-iding Bahagia Desa Air Saga diwakili Junaedi, kelompok tani Karya Bersama Desa Simpang Rusa diwakili Minan S, kelompok tani Telingsing Jaya Desa Kacang Butor diwakili Juhandi dan kelompok tani Sumber Rejeki Desa Membalong diwakil Sukardi.

Selanjutnya penyerahan simbolis ternak sapi bibit berasal dari dana APBD II Kabupaten Belitung sebanyak 22 ekor dan APBN tugas pembantuan sebanyak 30 ekor kepada kelompok tani Sumber makmur Rejosari Desa Membalong dan kelompok tani Harapan Makmur Rejomulyo Desa membalong turut mewarni acara peresmian ini. Dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bantuan musibah bencana alam angin putting beliung kepada 10 kk di Desa Padang Kandis berupa paket sembako senilai Rp 15.000.000 yang diwakili Budianto.

Puncak peresmian pilot project ditandai dengan pembukaan selubung papan kegiatan oleh Bupati Belitung yang disaksikan para undangan yang hadir, dan dilanjutkan dengan peninjauan alsintan di gudang penyimpanan serta  demonstrasi rice transplanter pada petak percontohan di lokasi SL PTT Padi Non Hibrida.

Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir Arfani, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung B Maiya Hasibuan, SH, Perwakilan anggota DPRD Kabupaten Belitung, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Kabag atau yang mewakili di Lingkungan Pemkab Belitung, serta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung