Senin, 29 November 2010 10:00

PEMBENTUKAN FORUM KABUPATEN SEHAT

Tanjungpandan—Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat baik dipedesaan dan perkotaan ternyata menimbulkan berbagai permasalahan yang komplek, seperti kepadatan lalu lintas, pencemaran udara, perumahan yang kurang sehat, kekerasan, penggunaan obat terlarang, lingkungan fisik, sosial, ekonomi, budaya, pelayanan kepada masyarakat yang belum memenuhi kebutuhan baik dari keterjangkauan pemerataan dan kemudahan, jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Dr Wiryati Husein dalam laporannya pada acara Pertemuan Pembentukan Forum Kabupaten Sehat di Kabupaten Belitung Tahun 2010 yang berlangsung pada Kamis, 25 Nopember 2010 di Ruang Sidang Pemkab.

Pembentukan forum Kabupaten Sehat mengacu pada peraturan bersama Menteri Dalam Negeri Nomor:34 Tahun 2005 dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang penyelenggaraan Kabupaten sehat.

Kabupaten sehat merupakan suatu kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah. Oleh karenanya terbentuknya forum ini ditujukan untuk tercapainya hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat bagi seluruh penduduk Kabupaten Belitung sehingga layak untuk dihuni dan dijadikan tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai prorgam kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Sementara Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan kesehatan masyarakat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya, keadaan cuaca, tingkat kepadatan penduduk, lingkungan perumahan, pelayanan kesehatan, serta faktor lainnya yang sangat berperan terhadap derajat kesehatan masyarakat dengan persentase mutu varian.
Memandang kondisi real yang ada di masyarakat saat ini, khusunya di kota Tanjungpandan yang terkenal dengan kepadatan penduduknya yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, maka dirasa perlu untuk segera mewujudkan Kabupaten sehat melalui terbentuknya forum kabupaten sehat sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi dalam pembangunan, lanjutnya.

“Dukungan dan partisipasi saudara-saudara masih terus dinantikan dalam kerangka pembangunan dimasa yang akan datang, oleh karenanya saya menghimbau agar visi misi Belitung Sehat dapat segera diinformasikan dan diaplikasikan di masyarakat, sehingga tidak hanya sebagai simbol namun konkrit dalam tindakan nyata”, pesan Darmansyah.

Pertemuan ini diikuti para peserta dari Dinas/Instansi terkait serta elemen masyarakat yang berkompetensi dalam pembentukan forum Kabupaten Sehat ini sebanyak 50 orang.

Sasaran pembentukan forum kabupaten sehat ini adalah terlaksananya program kesehatan dan sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat melalui pemeberdayaan forum yang disepakati masyarakat.

Acara ini turut dihadiri segenap unsur Muspida atau yang mewakili, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Kabag di Lingkungan Pemkab Belitung atau yang mewakili, para peserta dan segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung