Senin, 29 November 2010 10:01

BELITUNG RESMI TERLEPAS DARI KABUPATEN TERTINGGAL

Tanjungpandan --- Berdasarkan peraturan Presiden RI No. 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-1014, Belitung resmi terlepas dari kabupaten tertinggal. Hal ini disampaikan oleh Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Ir H Ahmad Helmy Faizhal Zaini pada acara ramah tamah bertempat di Bukit Berahu Kecamatan Sijuk, Minggu 28 November 2010.

Dalam arahannya, Zaini menyampaikan rasa syukurnya karena telah diberi kesempatan untuk melihat keindahan yang ada di Pulau Belitung “Negeri Laskar Pelangi”. Zaini mengatakan suatu daerah yang baik harus memiliki kebijakan fiskal, karena dengan kebijakan ini maka daerah akan dapat dibangun lebih maju. Adapun 5 hal langkah  untuk mendorong percepatan pengentasan daerah tertinggal diantaranya kebijakan fiskal bagi daerah-daerah tertinggal  diantaranya melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang telah dikoordinasikan dengan Kementrian Keuangan, peningkatan kualitas sumber daya manusia karena  kualitas masyarakat di daerah-daerah tertinggal dinilai masih di bawah standar, tata kelola sumber daya alam, harmonisasi dan sinkronisasi antara kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta adanya kerja sama dengan stakeholders. Selain itu Zaini pun menghimbau agar Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung lebih pandai untuk membangun branding yang sudah ada dengan tujuan untuk mengejar ketertinggalannya.

Sementara itu, Bupati Belitung Ir Darmansyah Husein yang diwakili oleh Ass III Drs H Jasagung Hariyadi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan profil daerah Belitung. “Dulu Pulau Belitong (Belitung dan Belitung Timur) dikenal sebagai negeri penghasil timah atau “Billiton”, maka kini publik luas lebih mengenal Pulau Belitong sebagai Negeri Laskar Pelangi. Meskipun konteksnya berbeda dengan makna penjulukan yang dimaksudkan Andrea Hirata dalam novelnya yang sangat terkenal itu, kiranya julukan ini masih sangat tepat dengan kondisi Belitong yang ada sekarang ini dalam ragam perspektif” papar Jasagung.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari DAK dan Tugas Pembantuan KPDT Kepada Bupati Belitung berupa Mesin Kapal 80 unit, Bubu Ikan 612 buah dan Mobil Truck 5 unit serta penyerahan sertifikat penghargaan Kab Belitung lepas dari Daerah Tertinggal. Selesai ramah tamah, Zaini dan isteri serta rombongan menyempatkan diri bekunjung ke lokasi wisata Pantai Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang, dari sana rombongan langsung melakukan peninjauan ke lokasi Bansos KPDT kebun karet “Getah Abadi” dan kebun percontohan kebun gizi masyarakat dari Kelompok Tani “Penuh Harapan” di Desa Air Seruk.

Turut hadir dalam acara Bupati Belitung Timur Ir Basuri T Purnama MM beserta rombongan, perwakilan SKPD se Kabupaten Belitung, Unsur Muspida, serta para undangan lainnya. 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung