Selasa, 30 November 2010 09:51

BELITUNG BELUM TERBEBAS DARI FLU BURUNG

Tanjungpandan --- Penyakit Avian Influenza (Highly Pathogenis Avian Influenza/ HPAI) atau flu burung merupakan suatu penyakit hewan unggas  menular yang disebabkan oleh virus Orythomyxovirus subtype H5N1, yang mengakibatkan kerugian ekonomi dan tergolong penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia.

Menurut laporan ketua pelaksana, Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Kehutanan Suparman S.Pt pada acara Rakor Tim Kerja Terpadu Pencegahan, Pengendalian, dan Pemberantasan Flu Burung (Avian Influenza) bertempat di aula Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung Selasa 30 November 2010, disebutkan bahwa hingga pertengahan tahun 2009, Kabupaten Belitung masih berstatus bebas Flu Burung/AI. Hal ini ditunjukan dari hasil survailans unggas yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 yang bekerja sama dengan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner (BPPV) Reg III Lampung serta laporan kejadian di tingkat lapangan.

Namun pada akhir tahun 2009 yaitu bulan Desember 2009 telah terjadi kematian ayam dalam jumlah banyak di Desa Paal Satu Kecamatan Tanjungpandan, diperkuat dengan hasil positif uji cepat flu burung serta dikonfirmasi dengan hasil uji laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner (BPPV) Regional III Lampung Avian Influenza, dan hingga bulan Februari 2010 telah meluas menjadi 4 desa dan 1 kelurahan.

Rapat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk singkronisasi dan menjalin kerjasama antara instansi terkait dalam upaya untuk pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan flu burung di Kabupaten Belitung dan meningkatkan kewaspadaan dan peran instansi terkait dalam melindungi Kabupaten Belitung terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh Avian Influenza (Flu Burung).

Adapun narasumber rapat diantaranya, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung Ir Arpani, Kepala Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner (BPPV) Regional III Lampung Drh. Syamsul Ma’Arif M.Si, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung atau yang mewakili.

Turut hadir dalam rapat adalah peserta yang merupakan bagian dari tim kerja terpadu Pencegahan, Pengendalian dan Pemberantasan Avian Influenza (Flu Burung).



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung