Kamis, 2 Desember 2010 12:06

BUPATI BELITUNG BERIKAN MATERI PADA DIKLAT PIM III SE-INDONESIA

Bandung--Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menyampaikan materi terkait masalah Implementasi Kepemerintahan yang Baik dalam Struktur Budaya Lokal pada pelaksanaan Diklat Kepemimpinan III Se-Indonesia yang berlangsung di Bandung pada Selasa, 1 Desember 2010 yang diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan bekerjasama dengan LAN RI.

Konsepsi kepemerintahan yang Baik (Good Governance) menurut UNDP seperti yang sampaikan Darmansyah merupakan suatu hubungan yang sinergis dan konstruktif di antara negara (pemerintah), sektor swasta, dan masyarakat (society), sedangkan menurut PP 101 Tahun 2001, kepemerintahan yang baik adalah kepemerintahan yang mengembangkan dan menerapkan prinsip-prinsip profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efisiensi, efektifitas, supremasi hukum dandapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Selanjutnya menyangkut karakteristik Good Governance dijelaskan Bupati terdapat 9 point diantaranya, transparancy, accuntability, participation, responsiveness, efectiveness dan efficiency, concencus orientation, strategic vision, equity, dan rule of law, sedangkan terkait prinsip kepemerintahan yang baik menurut UU Nomor 28 Tahun 1999 terdiri dari, asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan negara keterbukaan,  asas proporsionalitas, asas akuntabilitas, asas kepentingan umum dan profesionalitas.

Pelaksanaan Diklat yang diikuti sebanyak 35 orang peserta ini dimaksudkan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan struktural eselon III, serta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Gambaran secara umum suasana penyampaian materi yang berlangsung lebih kurang dua jam dengan diselingi kegiatan diskusi dan tanya jawab ini terbilang sukses dan mendapat sambutan antusias dari para peserta diklat, suasana hangat juga terpancar dari banyaknya aplus yang diberikan kepada Bupati saat menyampaiakan materi dan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan peserta.

Turut hadir dalam acara Kapusdiklat yang diwakili Widyaiswara Bpk. Dr H Tatang Effendi, Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung Susilawati, SE, para peserta Diklat dan segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung