Kamis, 2 Desember 2010 12:08

BERAS 9000/KG

Tanjungpandan --- Kebutuhan pokok sehari-hari mulai mengalami kenaikan rata-rata 500/kg. Maka dari itu ada baiknya ibu rumah tangga dihimbau untuk lebih pintar mengatur keuangan. Kenaikan ini lebih spesifik terjadi pada kebutuhan beras.
Dalam Harian Pagi Pos Belitung, Rabu, 1 Desember 2010, menyebutkan harga beras merk Permata, yang diperoleh dari data Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop dan PM) Kabupaten Belitung sudah mengalami kenaikan menjadi Rp.9000/kg.

Kabid Usaha Perdagangan Jontiar Hutapea mengatakan bahwa kenaikan harga beras ini disebabkan kegagalan panen akibat cuarah hujan yang tinggi dan terjadinya bencana di sejumlah wilayah di Indonesia. Namun perlu khawatir karena stock beras di Kabupaten Belitung masih aman untuk enam bulan ke depan. Selain stock nasional di Dolog, juga di distributor, serta toko-toko pengecer beras di luar distributor.

Kenaikan ini bukan hanya terjadi di Belitung, melainkan di daerah daerah lain. Disperindagkop sendiri hanya bisa melakukan pengawasan dan memberikan imbauan kepada pelaku usaha agar tidak menaikkan harga ataupun berspekulasi.

Sumber: Pos Belitung