Kamis, 2 Desember 2010 12:08

HUTAN BELITUNG MASIH TERJAGA BAIK

Tanjungpandan --- “Kondisi kawasan hutan Belitung sebenarnya masih banyak ditemukan hutan lindung dan hutan produksi yang rusak. Hanya saja kerusakan ini tidak meluas dan semuanya masih bisa teratasi. Namun menanggapi hal ini, pihak kami akan meningkatkan pengawasan kawasan hutan di Kabupaten Belitung. Kendati mengaku masih kekurangan sumber daya manusia untuk menjalani aktivitas tersebut, dan saya yakin penebangan liar dapat ditekan” papar Arpani selaku Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung dalam Harian Pagi Pos Belitung, Rabu,  1 Desember 2010.

Hingga saat ini luas kawasan hutan Belitung baik status hutan lindung maupun hutan produksi mencapai 73.608 hektar. Mayoritas kawasan hutan yang ada di Kabupaten Belitung adalah Hutan Lindung, Hutan Lindung Pantai dan Hutan Produksi. Sementara sisanya sudah banyak yang rusak oleh aktivitas penebangan liar dan penambangan. Dengan kondisi seperti ini tidak menutup kemungkinan para pelaku ilegal logging akan berupaya untuk melakukan penebangan hutan di kawasan-kawasan tersebut. Maka dari itu, diperlukan pengawasan ketat untuk mengantisipasinya.

“Kita bersama harus menekan angka penebangan liar ini. Dan tanggungjawab ini bukan semata-mata tugas Distanhut melainkan semua pihak termasuk masyarakat Belitung” jelas Arpani.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, menurut Arpani, kayu-kayu yang diperoleh dari Belitung banyak yang dibawa keluar pulau yaitu Pulau Jawa. Modus yang digunakan para pelaku ilegal logging adalah dengan cara mengirimkan kayu-kayu melalui jalur laut. Dan sebelum itu, kayu-kayu ini dikumpulkan melalui pelabuhan-pelabuhan tikus yang tersebar di Belitung.

Sumber: Pos Belitung