Kamis, 9 Desember 2010 22:34

PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI LINGKUNGAN PEMKAB BELITUNG

Tanjungpandan --- Pemahaman CSR dalam dunia pemerintahan masih dalam tahap penyesuaian, dimana masih dibutuhkannya persamaan persepsi di antara pemangku kepentingan mengenai pengelolaan CSR tersebut. Untuk mendukung program pembangunan dalam bidang ekonomi, maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung mengadakan kegiatan pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Billiton Tanjungpandan Belitung, Rabu,  8 Desember 2010.

Dalam sambutannya Ir Hermanto selaku Kepala Bappeda Kabupaten Belitung mengatakan dalam program CSR di Belitung ini bukan hanya PT Timah yang bergerak dibidang pertambangan saja yang dapat kita jadikan peluang, namun perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang manufaktur, jasa dan telekomunikasi pun dapat dijadikan peluang emas untuk menjalankan suksesnya program CSR ini.

Hermanto berharap pemerintah Kabupaten Belitung segera menemukan payung hukum yang jelas untuk memberi ruang pada pemerintah daerah melakukan tindak lanjut dari CSR ini.

Nara sumber dari kegiatan ini tidak lain Bahtiar Rifai dari Tim LIPI Jakarta. Dalam kegiatan ini Bahtiar memberikan beberapa materi pemahaman diantaranya, definisi dan ruang lingkup dari CSR, identifikasi peran pemerintah, realitas di lapangan, peluang pemanfaatan CSR dan kebutuhan pengembangan peran CSR.

Turut hadir dalam kegiatan ini SKPD se-Kabupaten Belitung, Tokoh Masyarakat, serta pihak Swasta.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung