Kamis, 9 Desember 2010 22:36

52 CPNS IKUTI DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN III

Tanjungpandan---Pelaksanaan Diklat Prajabatan bagi CPNS Formasi Umum Tahun 2009 di Lingkungan Pemkab Belitung terus berlanjut. Setelah kemarin kurang lebih dua pekan para CPNS golongan I dan II mengikuti diklat prajabatan, kini giliran CPNS Golongan III angkatan ke-3 mengikuti diklat prajabatan pada Kamis, 9 desember 2010 yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Drs.Zakaria A Rifaei.

Secara lebih khusus pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan III Angkatan ke-3 Tahun 2010 ini bertujuan untuk membentuk kader penyelenggara pemerintah dan pembangunan yang berkarakter profesional dan juga dapat membentuk sikap mental yang baik, berprilaku jujur, disiplin, dan penuh pengabdian serta memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan tugasnya sebagai staf dalam rangka membantu pimpinan atau atasannya, seperti dijelaskan Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung Susilawati, SE dalam laporannya.

Selanjutnya kelompok sasaran adalah CPNS Golongan III formasi penerimaan Tahun 2009 berjumlah 171 orang dan 1 orang formasi penerimaan 2008, namun mengingat waktu dan banyaknya calon peserta yang akan diikutkan, maka penyelenggaraan diklat dibagi menjadi 4 (empat) angkatan, yang terdiri dari 1 angkatan pada Tahun 2010 dan 3 angkatan akan diselenggarakan pada Tahun 2011 mendatang, lanjut Susilawati.

Pelaksanaan Diklat Prajabatan diikuti sebanyak 52 peserta terdiri dari, tenaga guru sebanyak 20 orang, tenaga kesehatan sebanyak 7 orang dan tenaga teknis sebanyak 25 orang dengan waktu penyelenggaraan dimulai Tanggal 9 Desember s.d 24 Desember 2010 bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar Tanjungpandan.

Selama mengikuti Diklat Prajabatan para peserta dibekali materi sebanyak 11 mata diklat diantaranya, Dinamika Kelompok, Sistem Penyelenggaraan Organisasi Pemerintah, Manajemen Kepegawaian Negara, Etika Organisasi Pemerintah, Pelayanan Prima, Budaya Kerja Organisasi Pemerintah, Manajemen Perkantoran Modern, Membangun Kerjasama Tim, Komunikasi yang Efektif, Wawasan Kebangsaan dalam kerangka NKRI serta rogram kokurikuler meliputi Latihan Kesegaran Jasmani, Baris berbaris, Tata Upacara Sipil, Ceramah Umum/Muatan Teknis Substantif Lembaga, Ceramah Kesehatan Mental dan Outbond yang akan disampaikan para widyaiswara Lembaga Administrasi Negara, Badan Diklat Provinsi Babel dan para pejabat di Lingkungan Pemkab Belitung, serta dipandu panitia pelaksana Diklat.

Dalam sambutan Bupati Belitung, Ir H Darmansyah Husein yang dibacakan Zakaria A Rifaei dijelaskan bahwa sejatinya, seorang pelayan publik yang baik haruslah memberikan pelayanan prima yang didasari keikhlasan, kesadaran yang tinggi, profesionalisme, integritas, loyalitas, kesetiakawanan sosial serta moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai pelayan, abdi negara dan masyarakat, pengabdian ini haruslah dilakukan dengan senantiasa mengutamakan kewajiban daripada hak. Dengan demikian kesempurnaan pengabdian tersebut memiliki nilai yang sarat makna bagi diri sendiri, masyarakat, nusa dan bangsa. Oleh karena itu, sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas aparatur, maka saya mengharapkan para peserta Diklat dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dari awal hingga akhir.

“Maka gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai wahana belajar, mengasah kemampuan dan membangun sikap mental yang baik, sekaligus memperluas jaringan kerja dan persahabatan dengan para peserta lainnya”, ungkap Zakaria.
Turut hadir dalam acara pembukaan, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belitung Mahadir Basti, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Kabag di Lingkungan Pemkab Belitung atau yang mewakili, para peserta dan segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung