Selasa, 14 Desember 2010 09:34

PEMKAB BELITUNG GELAR UPACARA PERINGATAN HARI BHAKTI PU DAN HARI NUSANTARA

Tanjungpandan---Pemerintah Kabupaten Belitung menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang ke-65 dan Hari Nusantara ke-11 yang dikemas dalam rangkaian upacara bulanan yang ikuti segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung pada Senin, 13 Desember 2010 di halaman Kantor Bupati Belitung.

Upacara berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB dipimpin oleh Ade Winarko selaku Komandan upacara, sementara Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein bertindak sebagai Instruktur upacara. Peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum yang ke-65 pada tahun ini yang tepatnya jatuh pada Tanggal 3 Desember mengusung tema “Dengan Semangat Juang Sapta Taruna Kita Tingkatkan Sinergi Pusat dan Daerah dalam Membangun Infrastruktur Pekerjaan Umum”. Melalui tema ini, Menteri Pekerjaan Umum mengajak seluruh jajaran PU untuk menjadikan momentum 3 Desember sebagai pemersatu kata dan perbuatan sekaligus sebagai pemacu semangat dan pengabdian kita baik di Pusat maupun di Daerah dalam melanjutkan tahapan pembangunan yang saat ini akan segera kita selesaikan tahun pertama dari program pembangunan jangka menengah kedua 2010-2014.

Dalam amanatnya Bupati menekankan agar anggaran pemerintah yang tersedia dapat digunakan secara efektif dan efisien. Aparat PU harus mengutamakan perilaku hemat dalam mengelola keuangan. Dana APBN dan APBD agar dioptimalkan untuk keperluan belanja modal supaya dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat. Anggaran yang besar hendaknya disyukuri dan dihayati sebagai sarana perjuangan untuk berbakti kepada bangsa, negara, dan rakyat Indonesia, ungkap Darmansayah saat membacakan sambutan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Sementara terkait peringatan Hari Nusantara ke-11 yang mengusung tema ”Hari Nusantara Membangkitkan Budaya Bahari”, Menteri Kelautan dan Perikanan Dr Fadel Muhammad, seperti dibacakan Darmansyah mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih memahami akan kehidupan masyarakat pesisir dan masyarakat di pulau-pulau terdepan di wilayah  perbatasan   maritim  Indonesia.     Umumnya  mereka   hidup di bawah garis kemiskinan, perlu sentuhan  pembangunan  yang  nyata. Dalam lingkup  kehidupan mereka terdapat pula budaya bahari yang merupakan jati diri bangsa Indonesia, dikenal sebagai Indonesia  pelaut.
Selanjutnya, Fadel juga  mengajak seluruh anak bangsa untuk bersatu padu membangun nusantara dengan melibatkan semua potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Disela-sela acara berlangsung penyerahan penghargaan Wana Lestari yang diberikan pemerintah melalui Kementrian Kehutanan atas partisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup  yang diserahkan Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir Arpani Kepada Bupati. Dalam kesempatan ini Belitung masuk 18 besar dan menenpati rangking ke empat dari 400 lebih Kabupaten/Kota di Indonesia.

Sebelumnya Darmansyah juga menerima penghargaan Upakarti dari Pemerintah. Upakarti merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada perusahaan dan indivindu yang diberikan dalam bidang industri.

Turut hadir dalam upacara, Asisten I Bidang pemerintahan Setda Kabupaten Belitung B Maiya Hasibuan, SH, para muspida atau yang mewakili, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Kabag di Lingkungan Pemkab Belitung atau yang mewakili, para peserta dan segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung