Selasa, 14 Desember 2010 09:31

BANK MUAMALAT CABANG TANJUNGPANDAN DIRESMIKAN

Tanjungpandan --- Senin (13/12), pionir perbankan syariah di Indonesia ini membuka kantor baru di Jl. Jendral Sudirman No.28 Pangkallalang, Tanjungpandan, Provinsi Bangka Belitung. Kantor baru ini diresmikan secara simbolis oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein disaksikan oleh Wakil Gubernur Prov Bangka Belitung Syamsudin Basari dan Direktur Bank Muamalat Adrian A. Gunadi. Tentu saja peresmian kantor baru Bank Muamalat ini harus disyukuri oleh masyarakat Tanjungpandan karena dengan dibukanya Bank Muamalat Indonesia aksesibilitas masyarakat daerah terhadap sumberdaya ekonomi dapat ditingkatkan.

Menurut data yang kami dapat dari Corporate Communications Bank Muamalat hari ini, Adrian A. Gunardi selaku Direktur Bank Muamalat Indonesia mengatakan bahwa Belitung banyak memiliki banyak potensi untuk berkembang, infrastruktur seperti bandar udara, jalan dan pelabuhan telah tersedia dan siap digunakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Dengan diresmikannya kantor Bank Muamalat di Belitung, kami berupaya turut berperan menggerakkan berbagai sektor usaha secara syariah.

Meski baru diresmikan hari ini, Bank Muamalat capem Tanjungpandan telah mulai beroperasi melayani nasabah di Belitung sejak Jumat (26/11) setelah memperoleh izin operasional dari Bank Indonesia. Selain itu, pada saat peresmian Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein memenangkan program Muamalat berbagi rezeki 2010 berupa koin emas. Hal ini tentu saja bukan unsur kesengajaan karena para pemenang program ini ditarik secara acak.

Program berbagi rezeki ini berlansung dari 1 Juli 2010 sampai 31 Desember 2010 dengan hadiah berupa Grand Prize satu unit Honda Odyssey, mobil Honda Jazz, 70 paket Umroh ke tanah suci, 200 keping koin emas 24 karat dan 100 rekening tabungan haji Arafah. Untuk pemenang tahap II akan diumumkan bulan Januari 2011 nanti.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein  tidak henti-hentinya menyampaikan rasa terima kasihnya atas dibukanya capem Bank Muamalat di Belitung ini. Bupati mengatakan bahwa dibukanya capem Bank Muamalat sekarang ini dalam waktu yang tepat disaat pemerintah Kabupaten Belitung memang sedang mencanangkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan. Bupati berharap, dengan adanya Bank Muamalat ini perekonomian masyarakat Belitung dapat terbantu.

Bank yang memiliki lebih dari 2,5 juta nasabah seluruh Indonesia ini, memiliki aset mencapai 84,4 miliar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp. 69,8 miliar. Portfolio DPK didominasi ritel dengan porsi rekening giro dan tabungan sebesar 71,7%. Bank Muamalat cukup agresif menyalurkan dana bagi sektor usaha di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini terlihat dari rasio pembiayaan dibanding dana masyarakat yang dihimpun atau Financing to Deposite Ratio (FDR) yang mencapai 88,96%. Walaupun agresif melakukan ekspansi pembiayaan, nilai pembiayaan bermasalah (NPF) berada pada level 0,14% yang tergolong amat rendah dan menunjukan terlaksananya prinsip kehati-hatian (prudential) dengan baik.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua MUI Kabupaten Belitung H. Ahmad Tusin, Manager Bank Muamalat Area Sumatera Bagian Selatan Chairil Noor, Pemimpin Bank Muamalat Pangkal Pinang Agung Hartanto, Pimpinan Bank Muamalat Tanjungpandan, perwakilan dari berbagai instansi di lingkungan setda Kabupaten Belitung serta para undangan lainnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung