Senin, 20 Desember 2010 11:53

PEMKAB BELITUNG BAKAL GELAR PERINGATAN HARI IBU

Tanjungpandan---Hari Ibu merupakan hari peringatan/perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan hari ibu biasanya dilakukan dengan membebas tugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.Di Indonesia sendiri peringatan Hari Ibu dirayakan setiap Tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.

Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-82 Tahun 2010 di Kabupaten Belitung rencananya bakal digelar pada Rabu, 22 Desember 2010 di Gedung Serba Guna sekitar pukul 10.00 WIB yang akan dihadiri Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein beserta segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung.

Peringatan Hari Ibu ke-82 tahun ini mengusung tema ”Kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk membangun karakter bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan bermartabat” tema ini diharapkan dapat meningkatkan dan menyegarkan spirasi masyarakat bahwa keterlibatan  perempuan di bumi nusantara mengiringi Kebangkitan Nasional pada tahun 1908, sehingga peran perempuan Indonesia bersama-sama kaum laki-laki merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga negara, dan sebagai pejuang bangsa dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai dengan kodrat dan kemampuannya.

Peringatan hari ibu pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan Kiprah Perempuan Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional yang berkelanjutan guna tercapainya tujuan pembangunan nasional dan pembangunan millennium (MDGs) serta terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender.

Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan, dan hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Oleh karenanya, kelanjutan perjuangan persatuan kaum perempuan Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 22 Desember sebagai hari ibu.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung