Selasa, 21 Desember 2010 14:11

BUPATI DIALOG DENGAN WPRI CABANG BELITUNG

Tanjungpandan—Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menyambut antusias kedatangan para pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Cabang Belitung yang diketuai Ishak Zainudin. Kedatangan rombongan guna berdialog langsung dengan Bupati dan Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung terkait pendirian, program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan WPRI Cabang Belitung selama beberapa bulan ke depan sejak pertemuan pada Muscab ke VII PWRI Kabupaten Belitung, 17 Mei 2010 yang lalu.

Dalam sambutannya Ketua PWRI Kabupaten Belitung menjelaskan pembentukan organisasi ini dalam rangka membantu kesejahteraan warga pensiun dalam pengurusan administrasi dan pengambilan pensiun karena seringkali ditemui adanya ketidaklengkapan dalam penyelesaian administrasi dan kepengurusan pensiun.

Saat ini PWRI Belitung berjumlah 1164 anggota. Adapun maksud dan tujuan kedatangan para pengurus pada kesemapatan ini guna melaporkan program kerja dan kegiatan PWRI cabang Belitung selama beberapa Bulan ke depan, disamping itu para pengurus juga meminta perhatian Pemkab terakait program kerja dan kegiatan organisasi dengan memberikan bantuan rehab gedung sekretariat yang saat ini mengalami banyak kerusakan sekaligus permohonan bantuan 1 unit komputer untuk kelancaran administrasi dan pendataan para anggota.

“Saat ini kami hanya menggunakan mesin tik seadanya untuk  memproses pendataan para anggota pensiunan, dan hal ini kadangkala menyulitkan kami karena file tidak bisa tersimpan dengan baik. Oleh karenanya, kami mohon kiranya Pemkab dapat memberikan bantuan 1 unit komputer”, ungkap salah satu pengurus.

Selanjutnya para pengurus juga minta kerjasama Pemkab Belitung dalam hal ini Dinas/Instansi terkait untuk mengikutsertakan para pensiunan dalam program sosialisasi/penyuluhan, seperti program UMKM dengan pemberian bantuan modal dan pelatihan keterampilan. Selain itu para pengurus juga meminta Pemkab agar dapat meneruskan/melaporkan data pegawai yang pensiun ke PWRI untuk memudahkan keakuratan proses pendataan.

Sementara Bupati Belitung menyambut baik kedatangan para rombongan dan menampung segenap aspirasi para pengurus, bahkan Bupati bersedia memberikan bantuan secara pribadi berupa 1 unit komputer untuk membantu kelancaran proses pendataan para pensiunan.

Bupati juga berpesan kepada para pengurus agar dapat terus menggalang rasa kebersamaan, walaupun masih tersendat-sendat, namun hal ini agar tidak menjadi halangan, kita akan berusaha membantu asal dapat dikelola dengan transparansi yang baik. Bupati juga menghimbau Dinas/Instansi terkait agar bisa membantu memberdayakan para pensiunan, seperti halnya Disbudpar dalam hal pengembangan bidang Kesenian menyongsong pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitung 2011 yang rencananya akan digelar Oktober mendatang.

Selanjutnya untuk program kerja Pemkab Belitung secara keseluruhan, terkait pula evaluasi dan isu terkait bidang pembangunan daerah, Bupati berencana mengadakan presentasi dan dialog terbuka secara terinci sekaligus silaturahmi di Rumah Adat pada Tanggal 28 Desember 2010.

Menyikapi isu masalah pembangunan Dolphin Island dijelaskan Bupati bahwa, “Pemkab Belitung telah merancang perencanaan yang matang terkait pembangunan kawasan tersebut, begitu pula penentuan zooming yang sangat tepat, dan kita punya konsep yang berbeda. Penataan tata ruang akan diatur sangat ketat, pasti bisa saya kontrol, tegas Darmansyah.

Begitu pula terkait pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Bupati juga optimis, apalagi baru-baru ini Tanjung Batu baru saja disandari Kapal Cina. Hal ini membuktikan bahwa Tanjung Batu layak, “saya akan buktikan”, karena awalnya Gubernur ragu dengan keberadaan Tanjung Batu ini.

Suasana dialog yang diselingi cerita lucu, humoris sampai cerita yang membangkitkan motivasi menambah hangat suasana keakraban yang terjalin. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung