Senin, 10 Januari 2011 09:15

SATLANTAS POLRES BELITUNG GELAR KAMPANYE SAFETY RIDING

Tanjungpandan---Kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas tampaknya harus menjadi perhatian serius masyarakat Belitung, khususnya para pengendara kendaraan bermotor. Hal ini dipicu maraknya kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Belitung yang sebagian besar menimpa para pengendara sepeda motor, khususnya kaum muda. Hal ini membuat Satlantas Polres Belitung terus giat mensosialisasikan program Safety Riding seperti yang berlangsung pada Senin, 10 Januari 2011 disela-sela kegitan apel pagi di lingkungan Pemkab Belitung.

Himbauan keselamatan berlalu lintas disampaikan langsung oleh Kasat Lantas Polres Belitung AKP. Taufik Lukman, SIK dihadapan para peserta apel pagi yang merupakan para PNS karyawan/karyawati Setda Kabupaten Belitung. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran para pengendara sepeda motor untuk mematuhi aturan tata tertib berlalu lintas sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam arahannya Kasat Lantas mengatakan, sepanjang tahun 2010 tercatat banyak kasus kecelakaan yang berujung pada tewasnya para pengendara akibat tidak mematuhi aturan berkendara dan tata tertib peraturan lalu lintas secara baik dan benar, kasus-kasus kecelakaan ini umumnya menimpa para kaum muda khususnya para pelajar yang disinyalir seringkali tidak mematuhi aturan lalu lintas. ”Oleh karena itu, saya mohon dukungan Saudara-saudara yang mungkin mempunyai anak di rumah, tolong disampaikan kepada anak Bapak/Ibu agar saat berkendara dapat menggunakan perlengkapan berkendara yang semestinya, seperti memakai helm standar SNI, kaca spion dan perlengkapan lainnya yang memang wajib dan seharusnya digunakan”, tegas Taufik.

Selanjutnya terkait masalah peraturan untuk menyalakan lampu pada siang hari maupun malam hari, larangan untuk tidak belok kiri langsung di perempatan lampu merah/persimpangan jalan serta aturan tata tertib lalu lintas lainnya diharapkan dapat menjadi perhatian bersama. Diakhir arahannya Taufik berpesan kepada seluruh peserta apel untuk dapat turut serta dan berperan aktif dalam mendukung program keselamatan berlalu lintas ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap bahaya kecelakaan lalu lintas, umumnya bagi masyarakat pengguna jalan.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung usai Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos memberikan pengarahan terkait kinerja dan program kerja Pemkab Belitung memasuki era tahun ajaran 2011 turut dihadiri oleh Sekda Belitung Drs Abdul Fatah, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung B Maiya Hasibuan, SH, Asisten III Bidang Administrasi Drs.Jasagung Hariyadi, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Helman, SH, Staf Ahli Bidang Administrasi Drs Arham Armuza, S.Ip serta para peserta apel pagi.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung