Kamis, 13 Januari 2011 09:06

SAIL BELITONG BAKAL DIGELAR DI DUA TEMPAT

Pangkalpinang – Terkait Pelaksanaan Sail Belitong yang rencananya akan digelar pada Oktober 2011 mendatang, Kepala Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, Kepala Bappeda Nazalyus dan Kepada Bidang Ekonomi Bappeda Juaidi menggelar rapat pembahasan bersama di lantai dua, ruang pertemuan Gedung Bappeda Provinsi Kepulauan Babel guna membicarakan Rencana Kegiatan SKPD yang terkait pelaksanaan Sail Belitong  yang melibatkan berbagai SKPD sebagai bentuk dukungan kegiatan untuk menyukseskan acara.

Sail Belitong merupakan rangkaian kegiatan Sail-sail yang sudah dilaksanakan di Indonesia. Dan sail ini sebagai bagian dari program pemerintah untuk mendukung program Visit Babel Archipelago 2010 yang sudah di gaungkan sejak tahun 2009, dan pemerintah masih mengupayakan dan mengembangkan kepariwisataan Bangka Belitung, untuk menarik wisatawan lokal dan manca negara.

"Untuk kegiatan Sail Belitong ini, diperlukan penanganan suatu Major Event  harus didasarkan pada lingkup kegiatan Nasional atau internasional, jumlah orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut, baik sebagai peserta atau penonton, dampak ekonomi yang ditimbulkan, serta potensi gangguan terhadap situasi rutin di tempat tersebut yang tidak digolongkan kedalam suatu bencana, namun secara potensial dapat menjadi bencana atau musibah massal." Ujar Juaidi saat menyampaikan presentasinya, seperti dilansir dari www.babelprov.go.id.

dalam rapat terdapat tiga poin penting yang dibahas yakni, menginventaris kegiatan ataupun infrastruktur yang dibutuhkan dalam mendukung kegiatan Sail Belitong, membahas kegiatan-kegiatan di masing-masing SKPD yang mendukung Sail Belitong, dan kegiatan yang belum terakomodir di dalam APBD, yang dikarenakan kemarin sempat mengalami defisit anggaran. Maka terdapat beberapa kegiatan yang belum dicantumkan di dalam dokumen APBD.

Kegiatan Sail Belitong nantinya akan digelar di dua tempat sekaligus, yakni di Pulau Bangka, dan Pulau Belitung. Dimana untuk kegiatan-kegiatan outdoor akan diadakan di Pulau Belitung, dan kegiatan Indoor di Pulau Bangka.

Berbagai Dinas yang turut berperan, seperti Dispora yang mendukung pada pelaksanaan pemecahan Guinnes Book Of Record Permainan Catur di dalam Laut, lomba triathlon, tournament voli pantai internasional dan berbagai macam yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.Untuk Diskominfo akan membidangi kegiatan penyebaran informasi. Dinas PU mengatasi bagian infrastruktur. Dinkes akan mendukung bagian pelayanan dan fasilitas medis, Disbudpar dengan Seminar Internasional Marine Ecotourism, dan Dinas Pertanian turut serta dalam kegiatan agrowisata, serta dinas-dinas lainnya yang turut berperan serta dalam major event.

Puncak kegiatan Sail Belitong akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2011 dengan agenda kegiatan yang telah dirancang diantaranya:
* Pemecahan Guinnes Book Of Record Permainan Catur di dalam Laut (Beltim)
* Rally Kapal Pesiar (cruise) dan Kapal Layar (Yacht) (Tanjung Kelayang)
* Kejurnas Jetsky
* Gerakan " Ayo Tanam Rumput Laut " (Belitung)
* Gerakan Penangkaran Penyu (Belitung)
* Lomba Mancing (Belitung)
* Lomba Layar Kapal Pinisi/ Pelayaran Rakyat (Jakarta-Belitung)
* Tournament Voli Pantai Internasional
* Penanaman Terumbu Karang (Belitung)
* Singapore - Belitong Cruise
* Operasi Bhakti Kesehatan Surya Baskara Jaya
* Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahar
* Lomba Renang Selatan Gaspar
* Gerakan Bersih Pantai
* Gerakan BMKT di Musium
* Kejurnas Perahu Kater dan Layar Sandek
* Lomba Triathlon
* Pameran Potensi Bangka Belitung (Belitung)
* Pelatihan Layar dan Selam Remaja
* Agrowisata Perkebunan Lada
* Seminar Internasional Marine Ecotourism (Pangkalpinang)
* Seminar Mengenai BOOST
Sumber: www.babelprov.go.id.