Kamis, 13 Januari 2011 09:08

WISATAWAN MV “CLIPPER ODYSSEY” BAKAL KUNJUNGI RUMAH ADAT BELITUNG

Tanjungpandan---Pertengahan bulan Januari tepatnya Selasa, 18 Januari 2010 Kabupaten Belitung bakal kedatangan wisatawan mancanegara yang merupakan para penumpang Kapal pesiar MV Clipper Odyssey asal Miami Amerika Serikat yang membawa 100 orang wisatawan mancanegara dari Amerika, Kanada, Australia, Inggris, dan New Zerland dan 11 Tour Leader. Kapal pesiar ini akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Batu dan singgah di Kabupaten belitung lebih kurang selama 5 jam.

Kunjungan para wisatawan ini merupakan rangkaian tur wisata budaya di beberapa daerah di Indonesia. Sebelum merapat ke Belitung, kapal ini sebelumnya telah berkunjung ke Banda Aceh dan Bengkulu serta beberapa daerah lainnya di pulau Sumatera.

Kedatangan rombongan kapal pesiar ke Kabupaten Belitung di Pelabuhan Tanjung Batu nantinya akan disambut dengan tari selamat datang dan langsung diajak menuju Rumah Adat Belitong yang merupakan lokasi utama puncak acara penyambutan bagi para turis mancanegara ini.

Di Rumah Adat Belitong para wisatawan akan disunguhi kesenian Belitung diantaranya, Barong Bali, Barong Kuda lumping dan Barongsai. Didepan rumah adat, para rombongan akan disambut oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, dan unsur Muspida.

Rombongan akan disambut Tari Selamat Datang di Rumah Adat Belitong yakni, tari sekapur sirih dan dihibur kesenian khas Belitung diantaranya, Gambus, Campak Darat kembang ketakong, kesenian Beripat Beregong Desa Membalong, dan atraksi Muang Jong dan Tari Mira-Mira Pinang.

Nantinya diseputaran Rumah Adat Belitong tersedia stand yang menjual barang-barang khas Belitung seperti makanan dan minuman, cinderamata dan souvenir khas Belitung. Dari Belitung rombongan penumpang kapal MV Clipper Odessey akan melanjutkan perjalanan menuju Singapore.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung