Jum'at, 14 Januari 2011 12:36

PERTUMBUHAN PENDUDUK BABEL CAPAI 35,86%

Sungailiat – Pertumbuhan Penduduk Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Kenaikan jumlah penduduk yang sangat besar juga terjadi di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini berdasarkan hasil Sensus Penduduk yang telah berlangsung sejak zaman hindia Belanda hingga tahun 2010. Lonjakan pertumbuhan penduduk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2010 sebesar 322.851 jiwa (35,86%) dari sebelumnya tahun 2009 sebanyak 900.197 jiwa dan pada tahun 2010 naik menjadi 1.223.048 jiwa.

Peningkatan jumlah penduduk juga berhubungan erat dengan Sumber Daya Manusia, karena keberhasilan pembangunan adalah keberhasilan pembangunan manusianya. Oleh karena itu peningkatan Sumber Daya Manusia perlu terus diupayakan menjadi SDM yang berkualitas dan kuantitasnya pun perlu dikendalikan.

Pembahasan terkait masalah kependudukan dan Keluarga Berencana ini di gelar di Hotel Novilla Boutique Resort di Jalan Laut Kampung Pasir Sungailiat pada kamis, tanggal 13 Januari 2011, dengan nara sumber yang hadir terdiri dari Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia DR. Sonny Harry B. Harmadi, Kepala Seksi kependudukan Agung Dwi Chandra, S.T, MM, Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Satriono, SSi, MM.

"Peningkatan SDM mutlak harus dilakukan, karena hanya dengan cara itu masa depan Indonesia pada umumnya dan Bumi Serumpun Sebalai pada Khususnya menjadi lebih baik. Oleh karenanya sekuruh keluarga dimanapun berada harus ikut memperjuangkan terciptanya generasi yang unggul, sehat, cerdas, dan berkualitas," Ujar Assisten I Syahruddin yang mewakili Gubernur Eko Maulana Ali dalam menyampaikan kata sambutannya, seperti dilansir dari www.babelprov.go.id.

"Pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga yang berkualitas dapat kita wujudkan melalui upaya pengendalian angka kelahiran dan penurunan angka kematian, pengarahan terhadap mobilitas penduduk pada seluruh dimensinya dan yang tidak kalah pentingnya juga mengenai peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga." lanjut Syahruddin.

Adapun jumlah kepadatan penduduk menurut Kabupaten/Kota tahun 2010 yakni, Kabupaten Bangka 277.193 jiwa, Kabupaten Belitung 155.924 jiwa, Kabupaten Bangka Barat 175.110 jiwa, Kabupaten Bangka Tengah 161.075 jiwa, Kabupaten Bangka Selatan 172.476 jiwa, Kabupaten Belitung Timur 106.432 jiwa, dan Pangkalpinang 174.838 jiwa.

Terkait hal ini, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki program Keluarga Berencana, dimana program pokoknya meliputi program Keluarga Berencana, program kesehatan reproduksi remaja, program ketahanan dan pemberdayaan keluarga, lalu program penguatan kelembagaan keluarga kecil berkualitas.

Program pokok pemerintah tersebut juga diikuti oleh program pendukungnya yang meliputi, program pengawasan dan akuntabilitas aparatur negara, program pengelolaan sumber daya aparatur, dan program penyelenggaraan pimpinan kenegaraan dan kepemerintahan.

Dan dari seluruh pembangunan program Keluarga Berencana yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu dilakukan kembali evaluasi dan dikaji sejauh mana indikator yang mempengaruhi keberhasilan dan hambatan dalam pencapaian program pokok maupun program pendukung untuk menuju Keluarga Kecil Sejahtera.

Sumber: www.babelprov.go.id.