Jum'at, 14 Januari 2011 12:47

SENIN MENDATANG, BUPATI BELITUNG KEMBALI PAPARKAN KEK

Tanjungpandan---Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada Senin, 17 Januari 2011 kembali akan menyampaikan paparan terkait kesiapan Kabupaten Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di hadapan Direktorat Pengembangan Kawasan Industri Departemen Perindustrian Republik Indonesia di Jakarata.

Sebelumnya terkait paparan kesiapan Belitung terhadap usulan KEK juga telah disampaikan Bupati pada Kamis, 30 Desember 2010 yang lalu di hadapan Tim Dewan Nasional Kementrian Perekonomian RI dalam kunjungannya ke Belitung.

Tampaknya perjuangan Kabupaten Belitung untuk mendapatkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memang harus terus diupayakan dan dipersiapkan lebih matang. Semula memang Kabupaten Belitung sendiri telah memberikan usulan melalui Gubernur Babel Tahun 2009, namun pada waktu itu usulan yang diajukan daerah-daerah hanya dipedomani UU KEK yang ada. Oleh karenanya, dengan dikeluarkannya PP penyelenggaraan KEK, maka Kabupaten Belitung harus mengusulkan kembali untuk masuk dalam KEK.

Saat ini guna mendukung usulan sebagai KEK, Kabupaten Belitung kini sudah mendapatkan suplay energi listrik sebesar 14 Mega Watt dari Komisaris Utama Barat PLN. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi daerah kita untuk tetap optimis memperjuangkan KEK.

Selanjutnya terkait kriteria KEK seperti yang tertuang dalam Pasal 4 UU 39/2009 diantaranya menyangkut kesesuaian dengan RTRW dan tidak berpotensi mengganggu Kawasan Lindung, adanya dukungan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/ Kota yang bersangkutan untuk pengembangan KEK, terletak pada posisi yang dekat dengan jalur perdagangan internasional atau dekat dengan jalur pelayaran internasional di Indonesia atau terletak pada wilayah potensi sumber daya unggulan serta mempunyai batas yang jelas.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung