Senin, 17 Januari 2011 11:12

BUPATI PAPARKAN KEK DI MENKO PERINDUSTRIAN RI

Jakarta---Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein kembali memaparkan kesiapan Belitung menjadi KEK dihadapan Direktorat Pengembangan Kawasan Industri Departemen Perindustrian Republik Indonesia menjelang penilaian KEK yang tahun ini memasuki babak baru dengan dikeluarkannya PP penyelenggaraan KEK.

Tampaknya perjuangan Kabupaten Belitung untuk mendapatkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memang harus terus diupayakan dan dipersiapkan lebih matang lagi, apalagi dengan terbitnya PP KEK mengharuskan Belitung kembali mengusulkan diri, meskipun sejak tahun 2009 Belitung sudah pernah mengusulkan diri.

Paparan berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB di kantor Direktorat Pengembangan Kawasan Industri Departemen Perindustrian Republik Indonesia dengan dihadiri Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri, Dr Dedi Mulyadi, M.Si, Kasi Fasilitas Pengembangan kawasan Industri Habibulloh, Dirjen Fasilitas Industri Wilayah 3 Acmat Sigit Dwi Wahyono, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir Hermanto dan Kadin Perindagkop MZ Hendra Caya, SE, M.Si.

Guna mendukung usulan sebagai KEK, saat ini Kabupaten Belitung sudah mendapatkan suplay energi listrik sebesar 14 Mega Watt dari Komisaris Utama Barat PLN. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi daerah kita untuk tetap optimis memperjuangkan KEK.

Sebelumnya terkait paparan kesiapan Belitung terhadap usulan KEK juga telah disampaikan Bupati pada Kamis, 30 Desember 2010 di hadapan Tim Dewan Nasional Kementrian Perekonomian RI dalam kunjungannya ke Belitung.

Kelengkapan usulan KEK (paling sedikit) seperti yang tercantum dalam pasal 6 ayat 2 UU no 39/2009 diantaranya mencakup peta lokasi pengembangan serta luas area  yang diusulkan yang terpisah dari permukiman penduduk, rencana tata ruang KEK yang diusulkan dilengkapi dengan peraturan zonasi, rencana dan sumber pembiayaan, analisis mengenai dampak lingkungan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, hasil studi kelayakan ekonomi dan finansial, dan jangka waktu suatu KEK dan rencana strategis.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung