Selasa, 25 Januari 2011 09:31

BUPATI BELITUNG PAPARKAN KEK PARIWISATA

JAKARTA---Pemkab Belitung berencana mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan penekanan pada bidang pariwisata sebagai sektor unggulan daerah yang menjadi prioritas kekuatan ekonomi ke depan, disamping bidang perikanan dan kelautan serta perhubungan. Tiga sektor unggulan ini diharapkan mampu menopang perekonomian Kabupaten Belitung di masa mendatang. Hal ini didukung pula dengan pengembangan investasi di kawasan pariwisata untuk mendukung terwujudnya KEK pariwisata di Kabupaten Belitung.

Pemkab Belitung memang berencana mengembangkan tiga kekuatan ekonomi diantaranya, pengembangan KEK, sektor pariwisata di Belitung utara, seperti halnya kawasan wisata pantai, kawasan wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah dan wisata lainnya serta pengembangan Kota Tanjungpandan sebagai kota central bisnis termasuk pembangunan kawasan wisata Tanjung pendam menjadi water front city-nya Belitung.

Untuk pengembangan KEK sendiri terus dipersiapkan. Setelah sukses memaparkan kesiapan Belitung menjadi KEK dihadapan Direktorat Pengembangan Kawasan Industri Departemen Perindustrian Republik Indonesia, kini Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein kembali memaparkan rencana kesiapan KEK Belitung dihadapan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI.
Acara paparan berlangsung Selasa, 25 Januari 2011 sekitar pukul 13.00 WIB di Ruang Rapat Kantor Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan RI dengan agenda paparan pengusulan kawasan Kabupaten Belitung sebagai KEK Pariwisata serta rencana pengembangan investasi di kawasan pariwisata Kabupaten Belitung.

KEK pariwisata tampaknya memang menjadi prioritas Kabupaten Belitung, mengingat Kabupaten Belitung memiliki modal dengan adanya panorama alam Belitung dengan keindahan pantai-pantai berbatu granit yang artistik, air laut jernih, dan pantai berpasir yang benar-benar putih kini menjadi primadona dan incaran wisatawan lokal maupun internasional ditambah keanekaragaman flora dan fauna serta kekayaan tradisi dan budaya serta ditopang pembangunan dan penambahan berbagai infrastruktur pendukung yang terus dipersiapkan hingga saat ini. Hal ini tentunya menguatkan keinginan Pemkab Belitung mewujudkan KEK pariwisata di Belitung, bahkan hal ini juga sempat disinggung Bupati pada Kunjungan Dewan Nasional KEK Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ke Belitung.

Seperti dikatakan Staf Ahli Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian W Budi Santoso selaku ketua tim Dewan Nasional KEK pada kunjungannya ke Belitung, “Terkait KEK pariwisata yang diajukan Belitung, kita lihat beberapa potensi memang bagus, cuma nanti ke depan kita lihat formatnya seperti apa peluang Belitung sendiri, karena semua memiliki peluang yang sama untuk masuk ranking”, ungkap Budi.

Sebetulnya ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan diantaranya adanya partisipasi swasta karena KEK ini bukan pemerintah saja, pemerintah hanya memberikan fasilitas seperti fasilitas fisik dan kemudahan perizinan. Lebih jauh diharapkan pengembangan pembangunan, pengelolaan itu dari swasta, intinya jika ada daerah yang mengusulkan ada pihak swasta yang sudah siap bekerjasama itu tentu akan mendapatkan nilai lebih.

Sementara Dirjen Pengembangan dan Destinasi Pariwisata Ir Firmansyah dalam paparan ini mengatakan untuk Belitung sendiri dirasa sudah sangat layak diusulkan menjadi KEK pariwisata, mengingat Belitung merupakan daerah destinasi pariwisata baru setelah Bali dan Lombok, sesuai keinginan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ingin menjadikan Belitung sebagai Bali kedua. Dalam waktu dekat KEK pariwisata Belitung akan dipaparkan di Menko Perekonomian RI.

Untuk penetapan KEK sendiri rencananya akan dilakukan pada tahun 2012 mendatang, yang mana minimal 2 daerah yang akan ditetapkan sebagai KEK dan tahun 2014 minimal 4 daerah.

Acara paparan dipimpin langsung oleh Dirjen Pengembangan dan Destinasi Pariwisata Ir Firmansyah, dan turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nazaliyus, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Bappeda Ir Hermanto, Kadin Kebudayaan dan Pariwisata drg Dian Farida M.HM, Billitone TDC serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung