Rabu, 26 Januari 2011 08:52

PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT WARNAI PERINGATAN HARI BHAKTI IBI

Tanjungpandan--- Dalam sejarah Bidan Indonesia disebutkan bahwa 24 Juni 1951 dipandang sebagai hari lahir IBI. Pengukuhan hari lahirnya IBI didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951. Konfrensi ini merupakan prakarsa bidan-bidan senior yang berdomisili di Jakarta. Konferensi bidan pertama tersebut telah berhasil meletakkan landasan yang kuat serta arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya, yaitu mendirikan sebuah organisasi profesi bernama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berbentuk kesatuan, bersifat Nasional, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Menyambut perayaan hari IBI, Pemkab Belitung yang dalam hal ini dikoordinir Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan KB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Ikatan Bidan Kabupaten Belitung akan menggelar kegiatan Bhakti IBI KB Kesehatan tahun 2011 yang akan dilaksanakan di beberapa desa dan lima Kecamatan di Kabupaten Belitung.

Kegiatan bhakti IBI ini mulai dilaksanakan pada akhir bulan Januari hingga akhir Juni mendatang. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan KB, pembentukan kelas ibu, kunjungan dan safari ke desa/kecamatan, lomba senam lansia, pembentukan Kelompok Peminat Kesehatan Ibu dan Anak (KPKIA), penyuluhan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), ASI, KB dan pelayanan kesehatan lainnya.

Kepala Badan PMPDPKB Dra Hotmaria Ida pada pelaksanaan pertemuan yang digelar Rabu, 26 Januari 2011 di Ruang Rapat Badan PMPDPKB mengharapkan agar masing-masing seksi yang telah terbentuk dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sebagaimana yang telah disepaki bersama, masing-masing anggota diharapkan agar dapat saling berkoordinasi dalam mempersiapkan berbagai kegiatan yang akana dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Ia berharap agar kegiatan ini meningkat menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan puncak acara akan ditandai dengan kegiatan kujungan atau safari ke tiap kecamatan dalam jangka waktu 5 bulan yang rencananya akan dimulai dari Kecamatan Tanjungpandan tepatnya di Desa Dukong pada tanggal 2 Februari, berlanjut ke Kecamatan Sijuk pada tanggal 17 Februari, Kecamatan Badau pada tanggal 16 Maret, Kecamatan membalong tanggal 7 April dan Kecamatan Selat Nasik tanggal 16 Mei.

Selanjutnya untuk acara tambahan Badan PMPDPKB juga akan menyelenggarakan kegiatan penyuluhan KB pria yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2011 di Pulau Gresik.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung