Jum'at, 28 Januari 2011 09:32

COFFE MORNING BERSAMA BUPATI BELITUNG

Bupati Sampaikan Prospek Pembangunan Kabupaten Belitung ke Depan

Tanjungpandan----Pembangunan Kabupaten Belitung ke depan harus lebih maju bersinerji, mengingat masih banyak hal yang harus kita lakukan untuk kemajuan Belitung dimasa mendatang, hal ini seperti diungkapkan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam acara coffe morning yang dilaksanakan pada Jum’at, 28 Januari 2011 di Rumah Dinas Bupati Belitung.

Acara Coffee Morning ini berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB dan dihadiri para tokoh masyarakat Belitung beserta para insan pers, baik cetak maupun elektronik yang ada di Kabupaten Belitung. Selain itu hadir pula unsur Muspida serta pimpinan SKPD baik itu Kadin/Kakan/Kaban/Kabag beserta pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Tak ketinggalan, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos turut hadir mendampingi Bupati.

Pelaksanaan acara ini diisi dengan kegiatan ramah tamah, paparan Bupati terkait konsep pengembangan pembangunan Kabupaten Belitung, diantaranya KEK, pengembangan kota Tanjungpandan, rencana pembangunan dan perluasan public space hingga seputaran isu terkait pembangunan lainnya yang marak diperbincangkan akhir-akhir ini.

Acara juga diisi dengan sesi dialog dan tanya jawab terkait paparan KEK yang disampaikan Bupati serta masalah program pembangunan lainnya di Kabupaten Belitung. Dialog berlangsung attaraktif para undangan tampak antusias menanggapi paparan yang disampaikan Bupati, dan beberapa undangan juga sempat menyampaikan aspirasi, sumbang saran dan tanggapannya terkait penyampaian paparan KEK dan prospek Belitung ke depan yang disampaikan Bupati.

Terkait paparan KEK yang disampaikan Bupati bahwasanya Kabupaten Belitung saat ini mengajukan 2 usulan KEK diantaranya, KEK pelabuhan dan industri serta KEK pariwisata. Kedua hal ini merupakan peluang emas bagi Kabupaten Belitung untuk mendapatkan status KEK yang saat ini harus terus kita perjuangkan bersama.

Saat ini kita juga telah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas pendukung pengembangan konsep KEK baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, utamanya persiapan SDM masyarakat kita agar tidak menjadikan masyarakat Belitung terpinggirkan dengan adanya status KEK, akan tetapi sebaliknya masyarakat kita yang akan menjadi pelaku utamanya.

Selanjutnya terkait masalah penciptaan wadah yang menciptakan ruang gerak bagi masyarakat untuk berkreasi, Bupati mengatakan bahwa “Saya coba menciptakan ruang bagi masyarakat kita utamanya kaum muda untuk berkreasi dengan pembangunan beberapa public space yang akan ditambah lebih banyak lagi, seperti public space bernuansa pantai di kawasan pantai Tanjungpendam, public space ditengah kota tepatnya pada bundaran simpang lima dan boulevard yang ke depan akan diperluas lagi, public space kolong keramik, serta public space bernuansa hutan yang akan dibangun di area hutan Gunung Lalang”, ungkap Darmansyah.

Dengan adanya public space ini Bupati berpesan agar wadah ini dapat dioptimalkan, dimanfaatkan sebaik mungkin baik itu oleh anggota Dewan Kesenian Belitung, Lembaga Adat Belitung, jajaran Dinas/Instansi di Lingkungan Pemkab Belitung serta masyarakat luas.

Sementara Wabup dalam sambutannya menanggapi terkait masalah penetapan (Wilayah Pertambangan Rakyat) WPR yang belum bisa diberikan karena (Wilayah Pertambangan) WP belum dikeluarkan, dan hal ini harus sesuai prosedur dan aturan hukum yang berlaku. Selain itu terkait kunjungan Wakil Presiden RI Boediono ke Babel yang mana dalam kesempatan tersebut Wabup turut menghadiri Rapat. “Saya sudah sampaikan gambaran Belitung secara khusus kepada Wapres dan lima Menteri yang hadir dalam Rapat terkait potensi alam, flora dan fauna, mineral yang terkandung dalam perut bumi di Kabupaten Belitung”, ungkap Wabup.

Selanjutnya penetapan WPR juga sudah diperjuangkan hingga ke pusat, bahkan tata ruangnya sudah disusun, karena pada intinya pembangunan Belitung lebih kami orientasikan ke masa depan dengan titik tekan 3 prioritas unggulan pada bidang Pariwisata, bidang Perikanan dan Kelautan serta bidang Perhubungan, lanjutnya.

Melalui pelaksanaan acara ini kita berharap agar jalinan silaturahmi dan kebersamaan antar sesama dapat terus terbina dalam rangka membangun Belitung ke arah yang lebih maju.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung