Rabu, 2 Februari 2011 09:30

BHAKTI IBI DIGELAR DI DESA DUKONG

Tanjungpandan—Menyambut puncak perayaan Hari Bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang, berbagai rangkaian kegiatan mulai dilaksanakan ditiap Desa/Kecamatan di Kabupaten Belitung.

Pada kesempatan ini kegiatan Bhakti IBI dilaksanakan di Desa Dukong tepatnya di Poskesdes yang terletak di belakang kantor desa Dukong, Pilang, Kecamatan Tanjungpandan. Kegiatan bhakti IBI ini meliputi pelayanan kesehatan masyarakat, utamanya kesehatan ibu dan anak.

Selain itu pada kesempatan kali ini, terdapat kegiatan kelas ibu hamil, yang mana para ibu hamil akan diberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang seputar masalah kesehatan selama masa hamil yang disampikan dalam kesempatan ini disampaikan bidan Metri dari Desa Air Merbau.

Dalam arahannya bidan Mentri juga menjelaskan proses terjadinya kehamilan mulai awal kehamilan sampai proses melahirkan. Para peserta yang terdiri dari para ibu hamil dengan rata-rata kehamilan 5 bulan ke atas tampak antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan bidan dengan irama yang santai dan sesekali diisi dengan leleucon yang mengundang gelak tawa dan senyum simpul para ibu hamil. Bahkan tak ragu dengan antusiasnya para ibu hamil kadangkala bertanya mengenai terkait seputar masalah kehamilan dan perubahan-perubahan yang terjadi saat menjalani masa hamil.

Seusai penjelasan materi, para peserta juga diajarkan gerakan senam hamil yang dipandu ibu bidan dan diikuti para peserta sesuai arahan. “Praktek senam ini diharapkan dapat diulang dan dipelajari juga dirumah nantinya sesekali, sesuai dengan arahan yang sudah saya ajarakan tadi. Hal ini juga akan membantu pada proses melahirkan nanti, karena banyak gerakan-gerakan yang berhubungan dengan pernapasan”, ungkap Metri sambil memandu para ibu hamil.

Kegiatan senam hamil ini akan rutin dilakukan sesuai dengan program kelas ibu yang nantinya juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lainnya, utamanya kegiatan yang berhubungan dengan ibu hamil. Selain program kelas ibu, pelayanan KB juga ikut meramaikan kegiatan ini, diantaranya pemasangan KB inflan dan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak.

Turut hadir dalam acara Ketua dan Wakil Ketua panitia beserta anggota yang tergabung dalam IBI dan perwakilan Dinas/Instansi terkait di Lingkungan Pemkab Belitung, para bidan dan tenaga medis, masyarakat setempat serta undangan lainnya.



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung