Kamis, 10 Februari 2011 10:10

MIFANA RAIH SIDDHAKARYA 2010

Tanjungpandan — Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Mifana Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, yang memproduksi dodol agar-agar batangan “Noni”, meraih Penghargaan Siddhakarya Tahun 2010 dari Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penghargaan diserahlan oleh Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Bangka Belitung Ridwan di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, Selasa (25/1), berupa piagam dan tropy. Selain Mifana, penghargaan juga diberikan kepada UMKM Samudra Jaya (Bangka Tengah), Jea Bersaudara (Bangka Selatan), dan tiga UMKM Kota Pangkalpinang yakni Sandra Collections, Afkur Studio Pewter, dan Renda Mar Bersaudara.

Keenam UMKM ini dinilai Tim Auditor dan Tim Juri dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Bangka Belitung patut menerima Penghargaan Siddhakarya karena unggul dari sisi kualitas dan produktifitas. Mereka menyisihkan UMKM lainnya, yang diusulkan oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja kabupaten dan kota se Propinsi Bangka Belitung. Mifana meraih Penghargaan Siddhakarya untuk kualifikasi early result (mulai menghasilkan).

Abdullah Arbaie, pemilik Mifana, ketika dihubungi di kediamannya di Jalan Gatot Subroto Nomor 03 RT 07 RW 04 Air Saga, Tanjungpandan, Rabu (9/2) kemarin, mengatakan usaha dodol agar-agar sudah ditekuni keluarganya sejak tahun 2004. Mereka dibina oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung, baik menyangkut manajemen usaha, kemasan, dan pemasaran produk.

Kini produksi mereka sudah mencapai 1.500-2.000 batang dodol per bulan, dengan nilai Rp 6 juta sampai Rp 7 juta. Selain toko dan warung, “Noni” juga mereka pasarkan melalui hotel dan supermarket. Mereka juga menerima pesanan langsung, termasuk pesanan dari luar daerah melalui e-mail: abdullaharbaie@yahoo.com. Ketika Pemkab Belitung membuka galeri koperasi usaha mikro kecil dan menengah (KUMKM) Februari 2008 yang lalu, mereka segera bermitra dengan Galeri untuk pemasaran “Noni”.

Manajer Galeri KUMKM Pemkab Belitung, Sulaiman Ikhsan, membenarkan kemitraan “Mifana” dengan galeri yang dia kelola. “Sejak kita buka Noni sudah masuk. Sekarang omsetnya sekitar Rp 2 juta per bulan,” kata Sulaiman Ikhsan, Rabu (9/2). Dia berharap Penghargaan Siddhakarya yang diraih Mifana dapat mendorong UMKM lain untuk terus meningkatkan kualitas dan produktifitas mereka. (syafei)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung