Sabtu, 12 Februari 2011 04:41

BUPATI RESMIKAN KEGIATAN ORIENTASI DAN WORKSHOP PNPM-PISEW TAHUN 2011

Tanjungpandan---“Pada hari ini, dalam kerangka pembangunan berkelanjutan di daerah kita kembali akan dibahas mengenai rencana realisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM-PISEW) di 4 (empat) Kecamatan diantaranya, Membalong, Badau, Sijuk dan Selat Nasik dengan total dana sebesar 8 (delapan) Milyar meliputi kegiatan transportasi, produksi, pertanian, prasarana pertanian, air bersih dan sanitasi, pendidikan serta kesehatan, jelas Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam arahannya pada Kegiatan Orientasi dan Workshop PNPM-PISEW Tahun 2011 yang berlangsung pada Kamis, 10 Februari 2011 di Hotel Biliton, Tanjungpandan.

Selanjutnya Bupati berharap Kegiatan PNPM-PISEW ini dapat membuka dan mengembangkan potensi lokal, sehingga kegiatan ekonomi dan sosial perdesaan yang terbangun dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan demikian diharapkan tingkat kemiskinan dan angka pengangguran, khususnya diwilayah perdesaan dapat menurun sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat perdesaan setempat.

Diakhir sambutannya Bupati mengharapakan agar PNPM-PISEW ini dapat dipandang sebagai program bukan proyek, karena ini merupakan model pembangunan partisipatif yang harus dikelola dengan baik, transparan, dan akuntabel.

Apalagi saya sangat antusias dengan apresiasi yang diberikan pemerintah yang menilai daerah kita sebagai salah satu Kabupaten terbaik dalam pelaksanaan PNPM-PISEW, ini merupakan modal kita. Saya ingin pembangunan PISEW ini dapat dilakukan secara bertahap dimulai dari pembagunan dalam ruang lingkup yang kecil tapi bermanfaat dan nantinya dapat kita kembangkan lagi dalam kerangka yang lebih besar lagi.

“Kepada Bapak/Ibu sekalian saya harapkan bisa menjadi dinamisator dalam masyarakat agar bisa bekerjasama dengan para tokoh masyarakat. Kita harus senantiasa berpikir positif dan jangan menjadi bagian dari masalah tapi jadilah bagian dari solusi yang mendatangkan manfaat bagi kepentingan bersama. Mari kita bertanya dalam hati kita masing-masing apa peran yang telah kita lakukan dalam pembangunan ini, bukan sebaliknya kita selalu bertanya dan hanya bisa menutut apa yang dilakukan/diberikan pemerintah untuk kita”, tegas Darmansyah.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir Hermanto selaku Ketua Pelaksana dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya terhadap antusiasme para peserta yang telah berkenan hadir mengikuti kegiatan ini, beliau berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin dalam upaya mendukung kelancaran program PNPM-PISEW di Kabupaten Belitung, apalagi saat ini Belitung dinilai sebagai salah satu Kabupaten terbaik dalam pelaksanaan PNPM-PISEW oleh Pemerintah Pusat dan pencapaian ini hendaknya dapat terus dipertahankan, jelasnya.

Program PNPM-PISEW merupakan salah satu program inti dari PNPM dengan criteria yang berorientasi pada konsep “Community Driven Development (CDD)” dan “Labor Intensive Activities (LIA)” dengan 3 (tiga) tujuan utama yakni, mengurangi kesenjangan antar wilayah dengan cara membentuk dan membangun Kawasan Strategis Kabupaten (KSK), memperkuat lembaga Pemerintah Daerah dan institusi lokal di tingkat desa yang akan dilaksanakan melalui diseminasi, sosialisasi dan pelatihan di berbagai tingkatan pemerintah serta pelaksanaan musyawarah, forum-forum konsultasi dan pendampingan yang melibatkan masyarakat, dari tingkat desa sampai kecamatan, serta mengurangi tingkat kemiskinan dan angka pengangguran.

Secara umum kegiatan PNPM-PISEW ini terdiri dari dua komponen, yakni, kegiatan penyediaan infrastruktur dasar perdesaan skala kecil, penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan masyarakat dan aparat pemerintah daerah.

Turut hadir dalam acara, perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, Widiyaiswara dari Pemerintah Pusat, Kadin/Kakan/Kabag, segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung, para peserta serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung