Rabu, 16 Februari 2011 09:54

PENGOPERASIAN PERALATAN BARU PKB BELITUNG

Tanjungpandan --- Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2011 mulai mengoperasikan peralatan uji kendaraan yang baru. Peralatan yang mencapai Rp 1,1 miliar ini disebut sebut sebagai yang terbaik di Provinsi Babel.

Pada Harian Pagi Pos Belitung Rabu 16 Februari 2011, Sofian selaku kepala UPTD PKB Belitung mengatakan merk peralatan uji itu bernama Moller yang didatangkan dari Perancis dengan menggunakan APBD Kabupaten Belitung tahun 2010 lalu. Peralatan dengan ukuran 60x8 meter ini diletakan di sebuah gedung bagian dari komplek perkantoran Dishubkominfo yang baru dibangun tahun lalu.

Pengujian kendaraan bermotor (PKB) wajib dilakukan oleh semua mobil umum, barang dan kendaraan khusus setiap enam bulan sekali. Di Kabupaten Belitung kegiatan PKB hanya berlangsung sekitar 15 menit untuk setiap kendaraan. “Dengan waktu 15 menit ini kita berharap bisa menekan praktik calo dan mengurangi antrean” lanjut Sofian.

Sementara itu, Elly Rachman pada wawancaranya kepada Grup Bangka Pos mengatakan, alat uji kendaraan hanya ada tiga di Babel yaitu di Belitung, Pangkalpinang, dan Bangka. Oleh karena itu pihaknya mendapat permintaan dari Pemkab Belitung Timur yang ingin melakukan kerja sama uji kendaraan di PKB Belitung. Namun usulan itu masih menunggu jawaban dari Bupati Belitung Ir. H Darmansyah Husein. Untuk itu optimalisasi PKB yang semula sebesar Rp 42 ribu akan dinaikkan menjadi Rp 75 ribu.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung