Selasa, 22 Februari 2011 05:16

AUDENSI PENGURUS UT PUSAT JAKARTA BERSAMA BUPATI BELITUNG

Tanjungpandan---Pengurus Universitas Terbuka (UT) Pusat Jakarta yang diwakili Pembantu Rektor IV M Gorky Sembiring dan rekannya Sofyan melakukan audensi bersama Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein terkait penyampaian beberapa usulan program dan kegiatan yang akan dilakukan UT ke depan dalam upaya untuk mendukung peningkatan kapasitas kinerja pegawai di lingkungan Pemkab Belitung melalui program sertifikasi pendidikan.

Acara audensi yang berlangsung pada Senin, 21 Februari 2011 di Ruang Kerja Bupati dibuka dengan penyampaian maksud dan tujuan para pengurus UT bertemu langsung dengan Bupati guna meyampaikan usulan rencana program dan kegiatan yang akan dilaksanakan UT di Kabupaten Belitung.

Adapun program dan kegiatan yang akan dilaksanakan seperti disampaikan Gorky, diantaranya mencakup program Sertifikasi bagi aparatur desa dalam hal ini dikhususkan bagi para Sekretaris Daerah (Sekdes), kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon yang akan diprogramkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran UT yang mana para peserta UT nantinya akan diberi tanggung jawab untuk menanam dan memelihara pohon sebagai upaya untuk memupuk rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, serta program sertifikasi peningkatan kapasitas guru dengan titik fokus pada penulisan karya ilmiah.

Sementara Darmansyah dalam sambutannya menyambut baik rencana program/kegiatan yang akan dilakukan UT ke depan. Apalagi hal ini nantinya dapat memberikan nilai guna bagi SDM kita, utamanya program sertifikasi bagi para aparatur desa yang memang membutuhkan pembelajaran yang lebih terkait pengelolaan desa. Apalagi dari tahun ke tahun pengelolaan administrasi desa membutuhkan  kemampuan manajerial yang baik dan benar. Hasil dari pembelajaran yang diikuti para peserta nantinya diharapkan  dapat diimplementasikan sesuai dengan bidang pekerjaan dan ruang lingkup kerja di Dinas/Instansi masing-masing.

Selanjutnya terkait kegiatan penanaman pohon, Bupati berharap agar kegiatan ini bukan hanya ramai pada acara seremonialnya saja, akan tetapi hal ini diharapkan benar-benar dapat menunjukkan hasil yang baik. Jadi pohon-pohon tersebut tidak hanya ditanam lalu dibiarkan begitu saja, akan tetapi dirawat hingga bisa tumbuh dewasa. Dalam hal ini, pohon-pohon tersebut nantinya akan diberi label nama masing-masing peserta dan hal ini akan menjadi kewajiban para peserta untuk dapat merawat pohonnya masing-masing, dan di Kabupaten Belitung sendiri ada 2 penghijauan yang dilakukan yakni, penghijauan kota dan penghijauan lokasi bekas eks timah. “Terkait kegiatan penanaman pohon ini Bapak dapat berkoordinasi dengan Dinas/Instansi terkait, khususnya Dinas Pertanian dan Kehutanan dan Dinas Pertambangan dan Energi”, jelas Bupati.

Terkait program sertifikasi bagi guru dengan bahan ajar penulisan karya ilmiah akan dilakukan secara by project dilakukan dalam kurun waktu selama 6 bulan dengan metode pembelajaran baik secara tutorial dan sistem online yang akan melayani para peserta selama 24 jam yang pada hasil akhir nantinya para peserta dapat membuat karya ilmiah yang akan dipresentasikan pada acara-acara seminar.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Drs Rafeli, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan KB Dra Hotmaria Ida, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Ir Arpani, Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Susilawati, SE, Kabag Tata Pemerintahan Setda Drs Sunardi, M.Ap, Kabag Humas Setda Edy Suprapto, SH.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung