Selasa, 22 Februari 2011 09:47

SAIL BELITONG BUTUH PAYUNG HUKUM

Tanjungpandan --- “Hari ini Selasa, 22 Februari 2011 Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kab Belitung akan membentuk panitia besar tingkat kabupaten, dan persiapan menuju Sail Wakatobi-Belitung 2011 ini bukan tanpa kendala. Pasalnya keputusan presiden (kepres) sebagai payung hukum dalam melaksanakan kegiatan ini belum terbit”. Hal tersebut disampaikan oleh Toni HA Batubara selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Belitung dalam wawancaranya pada Grup Bangka Pos Senin 21 Februari 2011 kemarin.

Sail Belitong yang akan digelar 5-12 Oktober mendatang ini, akan dilaksanakan kembali di Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Selain itu dijadwalkan Presiden Bambang Yudhoyono akan hadir pada puncak acara.

Toni mengemukakan, rangkaian kegiatan Sail Wa-Be 2011 ini tidak hanya terpusat di Pulau Belitung tetapi juga ada kegiatan tertentu yang akan diselenggarakan di Pulau Bangka, seperti kegiatan yang bersifat indoor. Sedangkan kegiatan outdoor akan dilaksanakan di Belitung.

Adapun sejumlah kegiatan yang akan digelar di Belitung adalah Operasi Bakti Surya Baskara Jaya yang dikoordinir TNI AL, gerakan menanam rumput laut, festival layang-layang, pemecahan rekor catur bawah air serta parade kapal nelayan.Toni berharap yachter yang singgah di Pulau Belitung ini jumlahnya bisa melebihi peserta Sail Indonesia sebelumnya karena penyelenggaraan Sail Wa-Be 2011 ini jauh lebih besar daripada Sail Indonesia sebelumnnya.

Ia menargetkan lebih dari 100 yacht akan singgah ke Belitung. Maka dari itu pihaknya akan gencar melakukan promosi mengenai Pulau Belitung sebelum yachter berangkat dari Darwin. Menurut Toni, pihaknya berencana saat flag off (pemberangkatan), para yachter sudah mendapatkan CD dan booklet tentang pariwisata Belitung agar mereka tertarik untuk berlabuh di Belitung.
Sumber: Pos Belitung