Senin, 28 Februari 2011 09:19

50 PESERTA IKUTI MUSRENBANG KECAMATAN SIJUK TAHUN 2011

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sijuk Tahun 2011 dibuka Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Hari ini Senin, 28 Februari 2011 bertempat di Pantai Pendaunan Indah Kecamatan Sijuk.

Dengan Tema “Musyawarah Perencanaan Pembangunan Sebagai Forum Musyawarah Secara Partisipatif Menuju Belitung yang Mandiri, Maju dan Sejahtera” Musrenbang ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari utusan dari masing-masing desa sebanyak 40 orang, utusan dari Dinas/ Instansi Kecamatan Sijuk sebanyak 5 orang dan utusan dari SMP derta SMA Kecamatan Sijuk sebanyak 5 orang.

Dalam musrenbang kali ini hadir sebanyak 6 nara sumber dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Belitung diantaranya Bappeda Kabupeten Belitung, Perwakilan SKPD, Camat Sijuk, Kepala UPTD Pend. Kecamatan Sijuk, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sijuk serta Koordinator PPL Pertanian Kecamatan Sijuk.

Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang Kecamatan Sijuk, I. GP. OKA SEPUTRA dalam laporannya menyampaikan salah satu tujuan diselenggarakan musrenbang ini adalah untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat desa yang dilaksanakan disemua desa mulai dari Desa Sijuk pada Hari Rabu Tanggal 19 Januari 2011 sampai dengan Hari Senin Tanggal 31 Januaru 2011 de Desa Air Seruk yang akan menjadi prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Sijuk.

Selain itu OKA juga menyampaikan Jumlah usulan kegiatan pembangunan Kecamatan Sijuk Tahun 2011 sebanyak 76 Kegiatan yang terdiri dari Usulan dari hasil musrenbang tingkat desa 46 kegiatan, usulan dari Puskesmas Sijuk sebanyak 4 Kegiatan serta usulan dari UPTD Pend. Sijuk sebanyak 24 Kegiatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan visi dan misi kepala daerah merupakan kontrak politik yang mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), yang kemudian dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Betapapun perencanaan pembangunan harus asiratif, partisipatif dan akomodatif, usulan pembangunan dari masyarakat haruslah selaras dengan RPJPD dan RPJMD.

Selanjutnya Wabup juga menyampaikan dengan memadukan sitem perencanaan pembangunan dari atas (Top Down Planning) dengan sistem perencanaan pembangunan dari bawah (Bottom up Planning), diharapkan aspirasi masyarakat selaras dengan visi dan misi Kepala Daerah.
 
Turut hadir dalam Musrenbang hari ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Junaidi Haminte, S, IP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Dr. Wiryati Husin, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir. Hermanto, Camat Sijuk Anas Nasito, SH serta undangan Lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung