Senin, 28 Februari 2011 09:19

BUPATI BELITUNG BUKA BINTEK DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAAN PENGADAAN BARANG DAN JASA

Tanjungpandan---“Kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah diharapkan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan prinsip persaingan sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihak. Hasilnya pun harus dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat.” Ungkap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada acara Pembukaan Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemkab Belitung Tahun Anggaran 2011 yang berlangsung pada Senin, 28 Februari 2011 di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Selanjutnya Bupati berpesan kepada para peserta untuk bisa mempelajari Perpres Nomor 54 Tahun 2010. Jangan takut dan cari selamat, apalagi menolak untuk menjadi pimpinan kegiatan. Hal ini akan menjadi catatan penting bagi kami baperzakat untuk menentukan bagaimana saudara nanti ditempatkan. Ikutlah materi yang disampaikan dalam diklat ini dengan sungguh-sungguh, walaupun saya tahu bahwa saudara-saudara sekalian pasti punya kegiatan yang sangat padat diluar sana, tapi kita harus bisa membagi waktu dengan baik. Karena, pada intinya, nafasnya dan jiwanya sebuah pemerintahan itu memang adanya di kegiatan pengadaan barang dan jasa”, jelas Darmansyah.

Apalagi saat ini kita masih berpacu dengan waktu. Masih banyak kegiatan yang harus kita laksanakan, salah satunya event tersebar yakni, penyelenggaraan Sail Wakatobi Belitong pada Oktober mendatang ditambah kegiatan lainnya yang harus kita kerjakan dengan baik. “Oleh karenanya, terkait pengadaan barang dan jasa apabila terjadi kekeliruan yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang maka saja tidak punya proteksi apapun terhadap saudara. Hal ini tolong dicamkan baik-baik, karena kita ingin menuju pemerintahan yang kredibel dan terpercaya di masyarakat, sehingga dapat melayani publik dengan benar”, tegasnya.

“Mudah-mudahan saudara sekalian lulus sesuai target yang diharapkan sehingga segenap unsur aparatur siap berperan aktif dalam pengadaan barang dan jasa, tanpa adanya ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan jelas”, harap Bupati diakhir sambutannya.

Sementara kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Susilawati, SE dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung selam 4 (empat) hari kerja mulai tanggal 28 Februari s.d 3 Maret 2011 ini diikuti sebanyak 100 orang peserta meliputi para Pejabat Pembuat Komitmen, dan panitia/pejabat/calon panitia pengadaan atau pejabat lain yang terlibat dalam proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemkab Belitung.

Tenaga pengajar/narasumber yang akan menyampaikan materi pada Bintek dan Ujian Sertifikasi adalah fasilitator dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang pada kesempatan ini diwakili Bapak Ir Soerjoadi, Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Dalam Negeri Regional Bandung dan Kementrian Pekerjaan umum. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan, transformasi pengetahuan ditempuh melalui Ceramah, Diskusi dan Tanya jawab serta pembahasan soal.

Bintek dan ujian sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengelola proyek/kegiatan di bidang pengadaan barang dan jasa agar mampu meningkatkan pemahaman tentang ketentuan dan tata cara pengadaan barang dan jasa sesuai Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta memahami siklus Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa mulai dari perencanaan sampai pengendalian.

Turut hadir dalam acara pembukaan Asisten I Setda Kabupaten Belitung B.Maiya Hasibuan, SH, Asisten II Setda Karyadi Sahminan, SE, M.AP, Asisten III Setda Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, para Kadin/Kakan/Kaban/Kabag/para Camat atau yang mewakili, para peserta beserta segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung