Selasa, 1 Maret 2011 10:13

RANGKAIAN MUSRENBANG BERAKHIR DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN

Tanjungpandan --- ”Aspirasi dari desa harus kita tampung sebanyak apapun, namun setelah sampai pada kecamatan aspirasi tersebut harus dipilah dan dipilih mana yang lebih menjadi prioritas, selain itu harus mengarah kepada koridor RPJMD yang ada” berikut petikan dari sambutan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada acara Musrenbang bertempat di Kecamatan Tanjungpandan, Selasa 1 Maret 2011.

Musrenbang ini merupakan wadah untuk memadukan dua sistem perencanaan pembangunan yang satu sama lain cenderung saling bertolak belakang, yakni sistem perencanaan pembangunan dari atas atau top down planning, dengan sistem perencanaan pembangunan dari bawah atau bottom up planning. Dengan memadukan kedua sistem perencanaan pembangunan ini, kita harapkan aspirasi masyarakat selaras dengan visi dan misi Kepala Daerah.

Kepala Bappeda Ir Hermanto dalam sambutannya mengatakan, akan diadakannya forum SKPD untuk menindaklanjuti rangkaian Musrenbang ini. Maka dari itu, diharapkan hasil Musrenbang dapat terselesaikan dengan cepat karena awal April sudah dimulainya Musrenbang di tingkat Provinsi. ”Dengan cepatnya hasil Musrenbang, rencananya beberapa hasil Musrenbang terutama yang tergolong program-program Nasional akan disampaikan terlebih dahulu pada Rakorpus yang diwakili oleh Provinsi” lanjut Hermanto.

Hermanto berharap, kecamatan dapat memilah-milah skala prioritas kegiatan serta mekanisme pertanggung jawabannya pun harus lebih diperhatikan dari setiap kegiatan. Agar lebih mudah  memilah sebetulnya tidaklah sulit, cukup memaknai dari visi kecamatan saja kita sudah bisa tau kemana arahnya.

Sementara itu, M Aidin Dahri, SiP selaku Camat Tanjungpandan menyampaikan visi dari pemerintah Kecamatan Tanjung Pandan, yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur pemerintah dan sarana prasarana dalam penyelenggaraan pemerintah, memfasilitasi berkembangnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai luhur, agama, adat dan budaya dimasyarakat serta meningkatkan peran dalam pelayanan publik untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Belitung.

Adapun yang hadir dalam acara adalah Komisi I DPRD Drs Suhardi, Komisi III DPRD Ishak Holidi, unsur muspika Tanjungpandan, Lurah, Kepdes, Sekretaris Kecamatan dan staff serta undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung