Jum'at, 4 Maret 2011 10:06

LIMA DESA DAPATKAN DANA PNPM MANDIRI PARIWISATA

TANJUNGPANDAN-- Beberapa desa di Kabupaten Belitung menerima dana program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Seperti dipaparkan harian Pos Belitung edisi Kamis, 3 Maret 2011, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung drg Hj Dian Farida melalui anggota tim teknis PNPM Mandiri Pariwisata Yusma Betty mengatakan bahwa untuk periode tahun 2010-2011, terdapat tiga desa yang mendapatkan dana PNPM Mandiri Pariwisata yaitu Desa Keciput (Kecamatan Sijuk), Desa Sijuk (Kecamatan Sijuk) dan Desa Tanjungpendam (Kecamatan Tanjungpandan).

Selanjutnya untuk periode 2011-2012 terdapat dua desa lagi di Kabupaten Belitung yang akan mendapatkan dana bantuan PNPM Mandiri Pariwisata, yaitu Dusun Bebute Desa Terong (Kecamatan Sijuk) dan Desa Tanjungbinga (Kecamatan Sijuk). "Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat di sektor pariwisata," kata Betty.

PNPM mandiri bidang pariwisata merupakan program Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat bersama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Untuk Tahun 2011 ini, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan mengucurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri bagi 450 desa se-Indonesia. Jumlah yang dapat diberikan kepada masing-masing desa berkisar antara Rp 60 hingga Rp 90 juta.

PNPM Mandiri Pariwisata dimaksudkan sebagai pemacu kesadaran masyarakat di daerah yang pariwisatanya punya daya tarik agar bisa menciptakan sadar wisata lewat perilaku sapta pesona.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung