Jum'at, 4 Maret 2011 10:13

BELITUNG SEGERA PROMOSIKAN SAIL BELITONG

(TANJUNGPANDAN), Setelah mengikuti Rakor dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Minggu ketiga Januari 2011 lalu tentang kesiapan Belitung menghadapi Sail Wakatobi-Belitong 2011 yang akan digelar Oktober mendatang, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein menandaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung tetap akan melakukan promosi atau mengiklankan event pariwisata bertaraf internasional tersebut meskipun Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia sampai saat ini masih belum dikeluarkan. “Segera di bulan Maret ini, kita akan melakukan promosi wisata terkait dengan penyelenggaraan Sail Wakatobi-Belitong (Wa-Be 2011) apapun yang terjadi kita harus jalan terus, “tegas Darmansyah ketika memberikan sambutan pada acara Promosi Wisata Hari Raya Nyepi di Negeri Laskar Pelangi, Rabu 2 Maret 2011.

    Pengembangan sektor pariwisata Belitung harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat, termasuk masyarakat minoritas Hindu-Bali di Dusun Balitung, Sijuk. “Saya sangat senang dengan masyarakat Dusun Balitung yang dipimpin oleh Bapak I Wayan Suta ini, tidak terpengaruh dengan isu-isu yang kontra dengan kebijakan Pemerintah, tidak ikut-ikutan demo seperti yang terjadi di Tanjungpandan, namun tetap terus beraksi dan giat mempromosikan pariwisata Belitung sesuai dengan peran dan kemampuan yang dimiliki masing-masing, dengan proporsi yang benar tentunya sehingga acara seperti ini dapat berlangsung, “ujar Darmansyah memberikan apresiasi terhadap kegiatan upacara ritual Melasti yang berlangsung di Pantai Marina siang hari tersebut.

    Dilanjutkannya, Belitung mesti menyiapkan SDM yang handal menyambut bangkitnya geliat sektor pariwisata selain sektor-sektor perekonomian lainnya. Pada bulan Oktober mendatang, kembali akan digelar Sail Wakatobi-Belitung dengan puncak acara yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak SBY akan datang langsung berkunjung ke daerah kita sekaligus meresmikan beberapa pembangunan infrastruktur penting di Belitung, salah satunya Pelabuhan Tanjung Batu. Karena itu, mari kita saling bekerjasama menciptakan suasana yang kondusif sejalan dengan pembangunan yang telah dan sedang kita laksanakan, “ajak Darmansyah kepada seluruh masyarakat Belitung.

    Penyelenggaran Sail Wakatobi-Belitong 2011 adalah kelanjutan dari penyelenggaraan Sail Indonesia yang telah berhasil digelar sebanyak 4 kali berturut-turut di tahun sebelumnya (2007, 2008, 2009, dan 2010). Apresiasi positif diberikan oleh yachter dari beberapa negara peserta Sail Indonesia yang sempat mengunjungi Tanjung Kelayang. Salah satunya dari Meroe yang berkebangsaan Perancis yang mengirimkan email via Humas kepada Bupati Belitung beberapa waktu lalu. Dikatakannya bahwa ia sangat berterima kasih secara pribadi atas sambutan yang baik  di Belitung. Ia sangat menghargai semua upaya administrasi dan usaha-usaha semua orang disekeliling mereka. Para yachter sangat menikmati selama sepekan berada di Belitung. Karena itu, Belitung menurut mereka dalah persinggahan terbaik (lengkap baca berita email dari Meroe untuk Pak Bupati).*****(zakina)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung