Selasa, 8 Maret 2011 05:09

SEMARAK SAIL WAKATOBI-BELITONG 2011

“Clean The Ocean For Future Live”.

(TANJUNGPANDAN), Perhelatan pariwisata akbar Sail Wakatobi-Belitong (Sail Wa-Be) 2011 di Kabupaten Belitung beberapa bulan ke depan akan segera digelar.  Dijadwalkan para yachter akan flag off dari Darwin-Australia pada Tanggal 23 Juli 2011 dan akan melewatu 21 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan titik destinasi akhir di Belitung pada Tanggal 05-12 Oktober 2011. Adapun tema yang melingkupi seluruh kegiatan Sail Wa-Be 2011 adalah “Clean The Ocean For Future Live”, dengan konsep kegiatan mengangkat nama lokal sail tiap tahun yang menunjukkan kekhasan daerah sebagai tuan rumah.

Penyelenggaraan Sail Wakatobi-Belitong 2011 bertujuan antara lain: Menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Menjadikan Wakatobi dan Bangka Belitong sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional; Menciptakan the best sailing passage; serta Menjadikan potensi kelautan dan perikanan di Wakatobi dan Bangka Belitong sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Sukses penyelenggaran Sail Wa-Be 2011 didukung oleh kegiatan utama seperti: Operasi Bhakti Surya Baskara Jaya; Yacht Rally and Yacht Race; Seminar Nasional dan Internasional; Lintas Nusantara Remaja Bahari; Sea Food and Fish Product Expo; serta Puncak Acara yang dihadiri oleh Presiden RI di Pantai Tanjung Kelayang. Sedangkan kegiatan pendukung Sail Wa-Be 2011 di Bangka Belitong antara lain: Pelayaran Rakyat; Singapore-Belitong Cruise; Pemecahan Guinness Book of Record Catur dalam Laut; Lomba Selam; Bola Volley Pantai Tingkat Asean; Gerakan Nasional Bersih Laut; Festival Bahari dan Layang-Layang; Gerakan “Ayo Tanam Rumput Laut'; Lomba Mancing; Lomba Jet Ski; Pameran BMKT di Museum Maritim; Pengadaan Armada Semut; Kejurnas Perahu Kater dan Layar Sandek; dan Selam. Untuk di Kabupaten Wakatobi 2011 kegiatan pendukungnya antara lain: Upacara 17 Agustus 2011 di dasar laut; Wakatobi Tour 1000 bikes; Lomba Selam dan Lomba Foto Bawah Air; serta Karia Kabuenga dan Duata Bajo.

Dalam rangka pelaksanaan Sail Belitong 2011 diperlukan perhatian dan peningkatan infrastruktur. Mengingat kesuksesan pelaksanaan kegiatan berskala internasional ini harus ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana, baik di Pulau Belitung maupun di Pulau Bangka. Penyataan ini disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ir.H.Eko Maulana Ali, S.Ip.SAP,M.Sc., M.Si ketika Rapat Koordinasi Kesiapan Sail Wakatobi Belitong 2011, di Jakarta 20 Januari 2011 yang lalu. Dikatakannya di Pulau Belitung mesti dilakukan pemugaran dan penataan objek wisata sejarah, purbakala dan museum, penyiapan homestay di Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Pendam; serta penyiapan obyek wisata alam dan pengembangan dive center. Bidang-bidang lain yang mesti perlu dibangun dan atau direnovasi adalah pengembangan Pos CIQP; pengadaan mobil/bus, rehabilitasi terminal bandara, pengadaan sarana SAR, penataan angkutan darat, pengembangan terminal pelabuhan Tanjung Batu-Belitung serta sarana pendukung lainnya. Pembenahan di bidang kominfo dan kesehatan juga menjadi fokus perhatian pemerintah provinsi dalam menyambut Sail Wa-Be 2011.****(zakina).
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung